Saat musim hujan datang kamu merasa suasana hati atau mood menjadi lebih buruk dari biasanya? Memang pada saat musim hujan tiba sangat identik dengan menurunnya suasana hati bahkan beberapa orang bisa mengalami depresi ringan. Beberapa penelitian di Eropa mengungkapkan bahwa suasana hati seseorang akan menurun ketika hujan tiba yang mengakibatkan galau dan rentan membuat orang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD), yaitu depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahunnya. Seasonal Affective Disorder (SAD) ini umumnya terjadi di negara yang memiliki empat musim dan sering terjadi ketika musim gugur dan musim dingin. Tetapi tidak menutup kemungkinan gejala ini terjadi di Indonesia yang merupakan negara tropis, khususnya pada saat musim hujan datang. Jika kamu merasakan gejala melemahnya energi dan mood yang kurang baik pada kondisi cuaca tertentu, ada kemungkinan kamu mengalami gangguan ini. Lalu, bagaimana cara mengatasi gejala SAD atau dikenal juga dengan sebutan winter blues  ini? Berikut 7 tips agar tetap ceria di musim hujan:

1. Nyalakan lampu atau carilah cahaya yang terang

Saat hujan, langit cenderung mendung sehingga kurang adanya cahaya matahari. Kondisi ini bisa memengaruhi ritme sirkadian pada tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh lesu, gelisah dan ingin banyak makan. Untuk mengatasi mood yang gloomy di cuaca mendung, bukalah tirai jendela ketika bangun tidur dan rasakan terpaan sinar matahari. Kamu juga bisa berjalan-jalan sejenak di luar rumah atau jogging di pagi hari selama 10 atau 15 menit. Sinar matahari akan menstimulasi tubuh agar lebih segar dan bersemangat.

Bagi kamu yang tinggal di Jepara, jogging di Pantai Mororejo bisa menjadi pilihan yang asyik banget untuk menaikkan mood. Suasana pagi hari yang sepi dan tenang cocok untuk menjadi jogging track kamu. Sembari berolahraga sekaligus ditemani suara ombak yang tenang, Pantai Mororejo ini berada tepatnya di belakang wahana bermain Jepara Ourland Park. Lokasinya sangat mudah untuk dijangkau  dan jaraknya hanya 7 kilometer dari pusat Kota Jepara.

2. Dengarkan musik melankolis

Mungkin terdengar aneh, bagaimana musik berirama sedih bisa membangkitkan mood seseorang menjadi ceria? Namun para ilmuwan membuktikan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih merupakan cara yang tepat agar suasana hati lebih ceria. Menurut ilmuwan dari Tokyo University, musik bertema sedih juga membuat kita merasa lebih tenang. Dari beberapa hasil penelitian ditemukan bahwa lagu dan musik bertema sedih membantu mengatasi mood dan rasa kesepian karena membuat kita lebih bisa meluapkan emosi.

3. Makan dark chocolate atau minum secangkir coklat panas

Memakan atau meminum coklat tanpa tambahan rasa, gula, dan susu akan membuat perasaan kamu lebih baik dengan seketika. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan cokelat 60% hingga 70%, lebih baik lagi biji coklat yang tidak melalui proses roasting dan tidak mengandung gula maupun perasa tambahan. Dark chocolate dipercaya kaya akan antioksidan, magnesium, zat besi, zinc dan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dark chocolate juga kaya akan tryptophan, zat peningkat mood positif yang menimbulkan efek yang sama seperti ketika sedang jatuh cinta.

Setelah mencoba olahraga pagi di sekitar Pantai Mororejo, kamu juga bisa menikmati coklat panas di Demoro CoffeeBox, dijamin mood  kamu menjadi lebih baik. Demoro CoffeeBox berada tepat di belakang  Jepara Ourland Park dan berhadapan langsung dengan laut lepas Pantai Mororejo. Demoro CoffeeBox juga menawarkan beberapa menu makan dan minuman lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Lakukan latihan pernapasan agar stres kamu berkurang

Menyendiri dan menarik napas dalam-dalam serta membuangnya secara perlahan akan membuat oksigen mengalir ke dalam otak. Bernapas dengan teknik meditasi bisa mengurangi stres. Oleh karena itu, teknik ini bisa membuat pikiran kamu lebih jernih dari hal-hal negatif.

5. Lakukan kegiatan menyenangkan

Jika kamu merasa lebih aman di dalam rumah, kamu bisa mencoba melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti menonton film komedi, main game atau membaca buku. Namun jika kamu lebih suka beraktivitas di luar rumah, kamu bisa menikmati bermain di wahana bermain terbesar di Jawa Tengah, yaitu Jepara Ourland Park. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Jepara membuat Jepara Ourland Park mudah untuk dijumpai. Disana kamu bisa mencoba wahana bermain kolam Kiddy Pool, Olympic Pool, Lazy River, water sport dan masih banyak lagi. Jepara Ourland Park juga mempunyai akses langsung ke Pantai Mororejo dan ada fasilitas untuk menyebrang ke Pulau Panjang juga lho.

6. Jangan mager

Sebuah studi menemukan bahwa terlalu banyak duduk dalam waktu lama sama berbahayanya dengan merokok. Duduk sepanjang waktu, akan meningkatkan risiko diabetes, sakit jantung, obesitas, kematian dini, sakit punggung hingga depresi. Agar mood meningkat, perbanyaklah berdiri ketika di kantor atau rumah. Ambil sendiri air putih kamu ke pantry ketimbang meminta bantuan office boy. Berjalanlah menuju tempat makan siang, bukan dengan memesan kepada office boy atau naik mobil jika jaraknya tidak terlalu jauh.

7. Habiskan waktu bersama orang lain

Hujan saat kamu sendirian dapat membuat suasana hati buruk atau merasa kondisi kamu lebih buruk dibanding kenyataan. Coba habiskan waktu bersama orang lain yang juga berada di situasi serupa, atau hubungi teman lewat telepon atau video call.

Jadi saat tetesan air hujan jatuh membuat kamu merasa sedih atau mengingat kenangan pedih, tidak perlu merasa bersalah. Tetapi, jangan biarkan dirimu terlarut dalam kesedihan. Lakukanlah hal-hal di atas untuk tetap positif dan ceria di musim hujan.

Leave a Reply