Hobi Berenang, Wajib Tahu!!! Hal Yang Tidak Diperbolehkan Saat Berenang

Berenang merupakan olahraga yang menyehatkan serta menyenangkan fikiran, namun beberapa hal yang perlu sobat JOP’ers perhatikan dan hindari. Hal-hal yang sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan saat berenang, apa saja itu, simak penjelasannya ya!

Tidak boleh makan sambil berenang dan berenang setelah makan

Berenang sambil makan menurut kebanyakan orang hal mengasyikan dan menjadi trend yang wajar serta cenderung disepelekan, padahal makan sambal berenang sangat berbahaya lho sobat JOPers, Alasannya perut yang baru terisi makanan akan meningkat suhunya karena sistem pencernaan yang sedang bekerja. Jadi, berbahaya untuk masuk ke kolam dengan air dingin dengan suhu tubuh yang sedang meningkat. Sebaiknya hindari makan sambil berenang ya sobat jopers agar agar tidak membahayakan kesehatan tubuh. Hindari berenang setelah makan, sebaiknya hindari makan dengan porsi besar karena tidak baik untuk kesehatan tubuh, alasannya dapat mengakibatkan kram perut yang bisa berakibat buruk pada keselamatan. Usahakan makan 1 atau 2 jam, agar sistem pencernaan kinerjanya sudah tidak terlalu berat, sehingga lebih nyaman dan aman ketika berenang.

Tidak boleh memaksakan diri berenang pada saat kondisi tidak fit

Memaksakan diri untuk berenang saat kondisi badan tidak fit sangat membahayakan, karena dapat berdampak tambah buruk untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu perlu diperhatikan pada saat sebelum berenang pastikan kondisi badan benar benar fit  dan sehat supaya dapat menikmati liburan dengan aman dan menyenangkan.

Tidak boleh berenang tanpa melihat ketinggian kolam terlebih dahulu 

Tidak diperbolehkan berenang tanpa melihat ketinggian kolam terlebih dahulu serta kemampuan  diri sendiri untuk berenang, jika belum mahir dalam berenang, Hindari berenang dikolam yang dalam, Oleh karena itu memilih kolam renang tidak terlalu dalam sangat dianjurkan untuk para pemula, tujuannya meminimalisir kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Usahakan ketinggiannya tidak melebihi tinggi badan atau sebaiknya mengajak orang yang ahli dalam berenang agar dapat mengawasi dan   mengarahkan.

tidak boleh berenang saat hujan deras dan terdapat kilatan petir

Hindari berenang saat hujan apalagi terdapat kilatan petir. Alasannya saat turunnya hujan deras dapat berpengaruh saat mengambil nafas saat berenang, apalagi jika terdapat kilatan petir yang sewaktu-waktu dapat mengalirkan listrik pada air. Hal tersebut dapat membahayakan nyawa. Saat hal tersebut terjadi sebaiknya segera keluar dari kolam renang dan berlindung pada tempat aman.
Tidak boleh berenang sendirian tanpa adanya pengawasan 

Bagi perenang pemula dan apalagi usia anak anak, dan belum mahir berenang, sebaiknya hindari berenang tanpa adanya pengawasan orang tua maupun orang dewasa atau orang yang ahli dalam berenang. Karena berenang sendirian tanpa adanya pengawasan mengkhawatirkan risiko terjadinya hal buruk,seperti tenggelam maupun kram saat berenang. Oleh karena itu selalu awasi anak anak anda saat berenang dan jangan sampai lengah, dan sebaiknya Pilihlah kolam renang yang ketinggiannya sesuai dengan usianya, kenakan pakaian yang dapat membuatnya bergerak nyaman, serta perhatikan apakah 1-2 jam sebelum melakukan olahraga tersebut makan atau tidak.

Tidak boleh berenang tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu

stretching dan pemanasan di Jepara Ourland Park

Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya stretching dan pemanasan sebelum melakukan olahraga berenang. Padahal pemanasan sendiri sangat bermanfaat untuk menghindari resiko terjadinya hal buruk saat berenang, seperti kram, serta melenturkan otot. Berikut manfaat stretching, silahkan di simak ya :

  1. mengurangi resiko cidera Latihan peregangan dapat membantu melenturkan anggota tubuh sobat JOPers, termasuk otot, persendian, sehingga tidak kaku dalam melakukan aktivitas berenang. Dengan Stretching, otot Anda dapat terhindar dari kaku, kram dan resiko cedera sehingga Anda akan mendapatkan hasil optimal dari aktivitas berolahraga
  2. meningkatkan kelenturan otot.  dengan melakukan stretching dapat meningkatkan kelenturan dan fleksibilitas tubuh.
  3. Mempersiapkan sistem pernapasan

Editor : SF