Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang perlu dilakukan secara teratur beberapa kali dalam satu minggu. Dengan melakukan olahraga tubuh akan mendapatkan banyak manfaat seperti tidak mudah sakit, aliran darah berjalan dengan lancar, dan tidak mengalami obesitas. Meski olahraga memiliki cukup banyak manfaat, beberapa orang cenderung enggan melakukannya. Hal ini terjadi karena mereka terlalu lelah atau memang malas. Untuk menyiasati agar tetap bisa olahraga dengan baik dan rutin, lakukan di pagi hari. Selain membuat rasa malas hilang, olahraga di pagi hari juga memiliki manfaat. Berikut manfaat olahraga di pagi hari.

  • Meningkatkan energi tubuh

Melakukan olahraga di pagi hari akan membuat tubuh mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kondisi ini akan memudahkan nutrisi masuk ke dalam jantung dan juga paru secara maksimal. Kalau dua organ ini mampu bekerja dengan maksimal, energi yang dimiliki oleh tubuh akan meningkat dengan sendirinya.

  • Meningkatkan Fokus

Melakukan olahraga di pagi hari juga bisa meningkatkan fokus yang dimiliki seseorang Fokus yang baik akan membuat tubuh jadi mudah untuk bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan pertimbangan yang matang.

  • Memiliki mood yang baik

Melakukan olahraga akan membuat pikiran menjadi lebih segar. Kalau Anda melakukannya secara rutin, mood atau suasana di pagi hari akan berjalan dengan baik dan aktivitas yang dilakukan berjalan lancar. Seseorang yang jarang olahraga biasanya memiliki mood yang lebih buruk. Olahraga malam adalah aktivitas yang berguna untuk meningkatkan aktivitas enzim dan otot dalam tubuh. Kegunaan lainnya, yakni merelaksasi tubuh setelah seharian bekerja.

Waktu terbaik untuk berolahraga di malam hari adalah antara pukul 18.00 hingga 20.00. Di jam ini, suhu tubuh sedang berada di puncaknya. Di suhu tersebut juga, otot sedang berada dalam kondisi yang sangat fleksibel. Meski menyehatkan, olahraga malam sebaiknya tidak dilakukan pada satu sampai satu setengah jam sebelum tidur. Sebab, aktivitas tersebut justru bisa mengganggu jam tidur dan mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Beberapa manfaat berolahraga di malam hari, antara lain:

  • Menurunkan kadar stres dalam tubuh

Berolahraga di malam hari secara rutin secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh. Aktivitas tersebut memicu produksi hormon endorfin yang memberikan rasa tenang di otak.

  • Menenangkan dan menjernihkan pikiran

Berolahraga di malam hari efektif menenangkan dan menjernihkan pikiran. Cara ini dapat membantu menghilangkan semua kekhawatiran dan rasa cemas dalam otak, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

  • Mengatasi ketegangan tubuh

Duduk dalam waktu yang lama dapat memicu kaku pada otot leher, bahu, punggung, dan pinggul. Untuk mengatasinya, disarankan untuk melakukan peregangan di malam hari. Cara ini juga dapat memberikan efek relaks, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

  • Olahraga pagi atau malam hari ini, Mana yang Paling Baik?

Keduanya tampak sama-sama bermanfaat dan kesimpulannya adalah, tidak peduli jam berapa kamu melakukannya, olahraga rutin akan memberikan banyak manfaat. Yang benar-benar penting adalah menemukan waktu yang cocok dan sesuai dengan jadwal yang kamu miliki. Dengan menjaga latihan yang konsisten pada waktu yang sama setiap hari, kamu juga bisa  memperoleh hasil latihan yang lebih maksimal dan ini adalah hal yang paling penting. 

Editor : SF

 

Leave a Reply