Kesehatan mental atau mental health sangat penting karena dapat mempengaruhi bagaimana cara seseorang berpikir, merasakan dan bertindak ketika menghadapi masalah kehidupan. Kesehatan mental juga berpengaruh pada bagaimana seseorang mengatasi stres, berhubungan dengan orang lain atau membuat pilihan

            Kesehatan mental juga berpengaruh pada bagaimana seseorang mengatasi stres, berhubungan dengan orang lain atau membuat pilihan. Kesehatan mental ini berpengaruh kepada hati dan pikiran. Dimana hati terlalu banyak menerima sakit yang berupa perlakuan atau omongan jahat dari orang-orang. Yang lalu mengalir begitu saja ke dalam pikiran, yang mengakibatkan kita menjadi terlalu sering memikirkan perkataan jahat tersebut. Dari hati, pikiran lalu kesehatan mental dan kesehatan raga. Dimana kita terlalu bersedih dan memikirkan hal hal yang membuat sakit, lalu Raga atau badan pun juga ikut sakit.

 Menurut WHO (World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Dunia, telah tercatat sebanyak 12 persen penduduk di seluruh dunia mengalami gangguan Kesehatan Mental. Lalu di Indonesia ada sebanyak satu dari 20 remaja berusia 10 sampai 17 tahun mengalami Kesehatan mental. Atau bisa dibilang angkanya setara dengan 2,45 juta remaja di tanah air Indonesia. Dan yang lebih mengejutkan lagi, Gangguan kecemasan adalah gangguan Kesehatan mental yang paling banyak diderita oleh remaja lhoo!!  yaitu mencapai 3,7 persen. Mengingat betapa pentingnya kesehatan mental, lantas bagaimana cara untuk menjaga kesehatan mental? Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental:

JANGAN TERLALU KERAS TERHADAP DIRI SENDIRI

Terlalu keras pada diri sendiri dapat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan mental dan fisik. Mereka yang terlalu keras pada dirinya sendiri cenderung menekan dirinya untuk terus bekerja keras tanpa memperhatikan kebutuhan fisik dan emosionalnya. Sehingga menyebabkan kelelahan, stres, dan bahkan depresi.

JANGAN BERUSAHA UNTUK MENYENANGKAN SEMUA ORANG

People pleaser cenderung mengubah diri mereka untuk mengikuti ekspektasi orang lain, memendam perasaan mereka sesungguhnya, dan sering berkata “iya” ke hal yang mereka tidak sukai. Kamu pasti pernah bertemu seseorang, atau bahkan kamu sendiri, yang suka merasa tidak enakan sehingga mengiyakan hal-hal yang tidak disukai, atau bahkan sampai memendam marah hanya karena tidak mau menyakiti hati orang lain. 

JANGAN TAKUT MENGATAKAN TIDAK

Demi melindungi perasaan orang lain, banyak orang sering berkata “ya” atau menerima tawaran atau pun permintaan orang lain. Padahal, terkadang kita bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih baik, ketika menolak tawaran tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar mengatakan “tidak” tanpa harus menyakiti perasaan orang lain.

JANGAN BICARA NEGATIF TENTANG DIRI SENDIRI

Menjaga kesehatan mental dengan memberikan afirmasi baik ke diri sendiri dan jangan bicara negatif tentang diri sendiri, tapi katakan hal positif pada diri sendiri. alasan kenapa kita tidak boleh bicara negatif tentang diri sendiri karena berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

JANGAN MENYERAH AKAN MIMPIMU

Apapun mimpi kamu, kejarlah. Seberat apapun hambatanmu, teruslah melangkah. Teruslah fokus pada tujuan. Jangan menyerah, jangan surut langkah. Mungkin banyak yang mengira kau sedang berada diambang bawah sadar. Memimpikan yang katanya orang lain “mustahil” justru merupakan sebuah kebanggaan, bahkan mereka yang meremehkanmu adalah tanda bahwa sedang menunjuk diri mereka tidak mampu. Dari sanalah tegakkan badanmu dan percayalah bahwa kau mampu meraihnya, bukannya justru malu mengungkapkan mimpimu pada orang lain. Tak perlu marah pada mereka, karena ketika mereka melihatmu mampu meraihnya mulut mereka akan terkatup dengan sendirinya dan tersadar bahwa mereka telah salah menilaimu selama ini. fokus pada tujuan, jangan menyerah, jangan kalah oleh keadaan.

PERCAYA DENGAN INSTINGMU

penting untuk diingat bahwa insting kita biasanya tidak salah. Jika kamu merasa yakin dengan suatu pilihan, ikuti saja instingmu. beranilah mengambil keputusan, meskipun terkadang, hati kecil kita sudah memiliki jawaban atas langkah apa yang harus kita ambil, tetapi kita ragu untuk mengikutinya. Hal ini karena kita takut akan risiko atau kegagalan. oleh karena itu ambilah keputusan sesuai kata hatimu. 

CINTAI DIRI SENDIRI

Mencintai diri sendiri atau self-love adalah aspek penting dari kesehatan mental. Dengan mencintai dan menerima segala kelebihan serta kekurangan yang ada pada diri sendiri, maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk mengelola emosi yang muncul. Termasuk ketika merasa sedih, kecewa, dan marah.

Mencintai diri sendiri sangat penting karena menjadi sebuah pondasi yang memungkinkan individu bersikap tegas, mengejar mimpi, merasa bangga terhadap apa yang dicapai, dan menjalin hubungan sehat dengan orang lain. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk mampu mengelola self-love secara baik. Mencintai diri sendiri bukan hanya akan memberikan ketenangan dalam hidup, namun juga memiliki manfaat sangat baik bagi kesehatan mental maupun fisik

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa mencintai diri sendiri adalah perbuatan egois dan menunjukkan sikap tidak acuh kepada orang lain. Padahal, mencintai diri sendiri dan egois merupakan dua hal yang berbeda, lho. Sering kali kamu terlalu fokus menyenangkan orang lain dan lupa untuk mencintai diri sendiri. Padahal, mencintai diri sendiri adalah hal utama yang harus kamu lakukan, lho. Bukannya egois, justru dengan mengedepankan rasa cinta terhadap diri sendiri, kamu akan lebih siap membantu orang lain nantinya.

SELALU BERKATA JUJUR

Pentingnya jujur kepada diri sendiri maupun kepada orang lain demi menjaga kesehatan mental. Seharusnya jujur dengan diri sendiri tentang perasaan-perasaan yang sedang kita alami. Seperti contohnya, Ketika kamu bersedih, dan kamu harus jujur dengan diri mu sendiri bahwa kamu memang bersedih, bukan malah diluar senyum di dalam menangis.  Ada baiknya kita menyuarakan suasana hati kita dengan jujur, agar kesehatan mental pun terpenuhi. Oleh karena itu kamu harus kuat dan berani speak up atau berkata jujur kepada orang yang membuatmu tidak nyaman.

ISTIRAHAT YANG CUKUP

Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan badan secara optimal. Tidur sama pentingnya dengan olahraga teratur dan makan makanan yang seimbang. Istirahat yang cukup mencegah depresi dan stress karena Menurut sebuah studi di Jurnal Psikiatri Australia dan Selandia Baru, orang dengan gangguan tidur seperti insomnia cenderung menunjukkan tanda-tanda depresi. Itulah mengapa penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan mental kamu dan mencegah depresi.

OLAHRAGA TERATUR

Olahraga teratur menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental agar tida merasakan stress, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Berolahraga secara rutin secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar stres dalam tubuh. Aktivitas tersebut memicu produksi hormon endorfin yang memberikan rasa tenang di otak.

Jangan menyepelekan kesehatan, mari rawat dirimu sendiri. Berjanjilah untuk memahami diri sendiri. Kesehatan mental adalah perjuangan yang tidak kelihatan, tapi sangat nyata. Jadilah pendukung. 

Editor : SF

Leave a Reply