Bagi masyarakat yang sudah terlalu lama merantau, lebaran jadi waktu yang tepat untuk melepas rindu berkumpul dan bercengkrama bersama keluarga tersayang, selain itu juga bisa dengan cara menghabiskan waktu melakukan berbagai kegiatan seru saat mudik ke kampung halaman. Selain bersilaturahmi dengan sanak famili, biar tidak membosankan ada beberapa kegiatan asik yang bisa dilakukan saat mudik lebaran. Untuk sekedar bernostalgia, mengenang hal-hal indah yang pernah terlewatkan. Berikut ini ide kegiatan seru untuk menikmati mudik lebaran yang bisa dilakukan bersama keluarga di kampung halaman :

  • Open House Selama lebaran

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia dikala lebaran adalah open house dapat mempererat tali silaturahmi bersama keluarga besar, dan bahkan juga dengan tetangga sekitar.  Dengan membuka pintu rumah selebar-lebarnya dengan mempersilahkan tetangga serta keluarga besar untuk datang bertamu merupakan ide menarik untuk dilakukan saat lebaran.

  • Menikmati Liburan dirumah

Menikmati liburan di rumah juga dapat menjadi ide yang menyenangkan bagi keluarga. Keluarga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain game, menonton film, atau bahkan memasak bersama. Selain itu, keluarga dapat mengadakan piknik di halaman belakang rumah dan menikmati kebersamaan di rumah.

  • Bermain Permainan Tradisional

Kegiatan seru selanjutnya adalah bermain permainan tradisional bersama keluarga kerabat dan orang tersayang saudara. Bermain tradisional akan tambah seru jika dilakukan dengan beramai-ramai, contoh permainan tradisional yang bisa dilakukan diantaranya gobak sodor, benteng hingga petak umpet dll.

  • Berkeliling dan Menjelajahi Kampung Halaman

Kegiatan seru dan mengasyikan saat mudik lebaran biar tidak suntuk di dalam rumah, Cobalah untuk ajak pasangan, anak-anak dan keluarga pergi berkeliling dan menjelajah ke beberapa lokasi di kampung halaman yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Apalagi bila disekitarnya terdapat sawah, gunung, hingga air terjun.  Selain dapat menikmati keindahan alam, keluarga juga dapat belajar tentang kehidupan di kampung halaman dan alam bebas, pastinya akan jadi pengalaman yang seru dan menyenangkan.

  • Mengunjungi Destinasi Wisata di  Kampung Halaman

Memanfaatkan momen lebaran dengan mengajak keluarga mengunjungi destinasi wisata menarik di sekitar kampung halaman. Sobat JOPers Tak ada salahnya jika mengajak liburan keluarga ke Jepara Ourland Park menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Jepara. karena berwisata di jepara ourland park pengunjung dapat menikmati berbagai wahana air maupun non air dan sekaligus pantai jepara yang sangat indah. Berlibur di JOP pengunjung dapat menikmati indahnya pantai mororejo yang terletak dibelakang persis Jepara Ourland Park, tunggu apalagi yuk agendakan berpetualang dan nikmati quality time libur lebaranmu di Jepara Ourland Park.

  • Mengunjungi Kebun Binatang atau Zona Satwa

Mengunjungi kebun binatang atau zona satwa dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi keluarga. Selain dapat melihat dan berinteraksi langsung dengan satwa yang lucu, juga dapat belajar tentang keanekaragaman hayati dan pentingnya menjaga kelestariannya. Selain itu, keluarga dapat menikmati mencoba terapi ikan  dan feeding animal di zona satwa.

  • Wisata Kuliner

Jika bosan dengan menu lebaran seperti ketupat dan opor ayam, ini jadi kesempatan yang sangat menarik dan tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke suatu daerah, termasuk saat mudik ke kampung halaman. Karena setiap daerah memiliki beragam kuliner khas yang menggugah untuk dicoba dan mengisi waktu libur lebaran dengan mencicipi kuliner khas ada di kotamu.

Berwisata kuliner ke tempat-tempat makan yang terkenal di daerah tersebut atau mengunjungi wishlist tempat kuliner favorit untuk menikmatinya bersama keluarga dan orang tersayang dengan menemukan dan mencoba makanan autentik dan khas dari suatu daerah yang dikunjungi.  Saat mengunjungi suatu daerah baru yang belum pernah di kunjungi, di setiap daerah tersebut tentu pastinya makanan khas dan unik yang mungkin saja belum pernah dirasakan sebelumnya. wisata kuliner menjadi pengalaman baru merasakan cita rasa baru yang mungkin belum pernah dirasakan dan ditemukan sebelumnya. Selain dapat menikmati makanan yang enak, keluarga juga dapat mengeksplorasi kota atau daerah tersebut. Selain itu, keluarga dapat mencoba membuat hidangan khas daerah tersebut dan belajar tentang budaya dan tradisi lokal.

  • Membeli Oleh-oleh khas Kampung Halaman

Saat kembali ke perantauan setelah mudik lebaran di kampung halaman, jangan lewatkan untuk tidak membeli oleh oleh  dan membawanya ke perantauan, kemudian membagikannya kepada  teman atau orang terdekatmu agar bisa mencobanya oleh oleh khas kampung halamanmu.

Demikian ide kegiatan seru menikmati mudik lebaran yang bisa dilakukan bersama keluarga di kampung halaman. Semoga bermanfaat dan menginspirasi liburan sobat JOPers. Libur telah tiba, Libur telah tiba. Hore Hore!!!…. Selamat Mudik Lebaran Sobat JOPers!! Hati hati dijalan (Kata om tulus) Titip salam buat keluarga dari Mimin yaa… semoga selamat sampai tujuan, Mimin tunggu liburan lebarannya di Jepara Ourland Park. Sampai jumpa!!

Editor : SF

Leave a Reply