Pentingnya menjaga asupan makanan dan mengkonsumsi makanan yang tepat bagi penderita diabetes. Selain obat-obatan, asupan makanan yang baik dapat membuat kadar gula darah tetap stabil dan normal, hal tersebut berdampak baik bagi tubuh penderita diabetes sudah tidak sensitif terhadap insulin atau bahkan tidak mampu menghasilkan insulin untuk mengolah asupan gula yang masuk. Oleh karena itu, pentingnya menjaga asupan makanan akan membuat nutrisi lebih terkontrol agar penderitanya terhindari dari komplikasi penyakit atau kondisi yang lebih parah. Makanan untuk penderita diabetes tentu harus yang bergizi, mulai dari karbohidrat yang sehat, makanan kaya serat, hingga lemak baik.

Berikut pilihan makanan terbaik untuk penderita diabetes

  1. Karbohidrat

Asupan makanan bagi penderita diabetes salah satunya adalah karbohidrat sebagai sumber energi. Selama proses mencerna makanan, gula (karbohidrat sederhana) dan pati (karbohidrat kompleks) dipecah menjadi glukosa atau gula darah. Agar gula darah terkontrol, bijaklah memilih karbohidrat yang sehat. Pilihan terbaik adalah: 

-biji-bijian utuh (beras merah, oatmeal, quinoa, milet, amaranth atau biji bayam)

-ubi jalar panggang

-makanan yang dibuat dengan biji-bijian utuh dan tanpa (atau sangat sedikit) tambahan gula

Karbohidrat yang harus dihindari:

-biji-bijian olahan (roti putih, pasta, nasi putih)

-sereal dengan sedikit biji-bijian dan banyak gula (selalu cek label nutrisi saat membeli sereal dan pastikan rendah gula)

-kentang goreng

  1. Sayuran

Sayuran hijau sangat bergizi dan rendah kalori. Makanan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang melindungi kesehatan jantung dan mata Anda. Sayuran hijau termasuk rendah karbohidrat sehingga tidak berpengaruh pada kadar gula darah secara signifikan. Sayuran terbaik adalah:

-Sayuran hijau seperti kale, bayam, dan arugula. Iceberg lettuce atau selada bokor tidak begitu bagus karena rendah nutrisi. 

-Sayuran segar sebaiknya dimakan mentah, dikukus ringan, atau dipanggang (roast atau grill). 

-Sayuran beku polos yang dikukus sebentar dan sayuran kaleng rendah sodium atau tanpa garam juga aman dikonsumsi.

penderita diabetes disarankan memperbanyak mengkomsumsi sayur brokoli, dengan mengkonsumsi brokoli menyebabkan penurunan glukosa darah pada penderita diabetes Penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh sulforaphane, bahan kimia dalam sayuran seperti brokoli dan kecambah, dikutip dari  jurnal Science Translational Medicine. Selain mengkomsumsi jenis sayur hijau tua, pilih sayuran berbagai warna lainnya, seperti merah atau oranye (wortel atau paprika merah), putih (bawang), dan bahkan ungu (terong). Direkomendasikan untuk mengonsumsi 2,5 cangkir sayuran per hari.\

Meskipun sayuran adalah makanan yang baik, hindari mengkomsumsi sayur ini untuk penderita diabetes:

-Sayuran kaleng dengan banyak tambahan natrium

-Sayuran dimasak dengan banyak tambahan mentega, keju, atau saus

-Pickle dan asinan kubis jika Anda perlu membatasi natrium karena memiliki tekanan darah tinggi

  1. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh. Sebagian besar buah-buahan secara alami rendah lemak dan natrium, meskipun cenderung memiliki lebih banyak karbohidrat daripada sayuran. Makanan terbaik untuk penderita diabetes adalah:

Buah terbaik dan segar

-Buah beku biasa atau buah kalengan tanpa tambahan gula

-Selai tanpa pengawet yang bebas gula atau rendah gula

Salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes adalah alpukat. Alpukat mengandung kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, tinggi serat, dan lemak sehat. Konsumsi alpukat berkaitan dengan peningkatan kualitas pola makan secara keseluruhan dan secara signifikan menurunkan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI). Maka, alpukat merupakan camilan sehat untuk penderita diabetes, terutama karena obesitas meningkatkan kemungkinan terkena diabetes. Selain itu, alpukat mungkin memiliki sifat khusus mencegah diabetes. Sebuah studi tahun 2019 pada tikus menemukan bahwa avocatin B (AvoB), molekul lemak yang hanya ditemukan dalam alpukat, menghambat oksidasi tidak lengkap pada otot rangka dan pankreas, yang mengurangi resistensi insulin. Namun, perlu penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengetahui secara jelas hubungan alpukat dan pencegahan diabetes.

Buah yang perlu dihindari adalah:

-Buah kalengan dengan sirup gula kental

-Fruit roll atau buah gulung

-Selai buah-buahan, seperti selai biasa, jelly, preserves (kecuali porsinya yang sangat sedikit)

-Saus apel manis

-Fruit punch, minuman buah, jus buah (jus buah mengandung semua karbohidrat dan gula dalam buah segar, tetapi kurang serat untuk menstabilkan gula darah)

  1. Protein

Mengkomsumsi protein yang aman untuk penderita diabetes, seperti daging sapi, ayam, ikan,  kalkun, makanan laut, kacang-kacangan, keju, telur, kacang-kacangan, dan tahu. Protein terbaik seperti yang dicantumkan American Diabetes Association sebagai opsi teratas adalah:

-Protein nabati seperti polong-polongan, kacang-kacangan, biji-bijian, atau tahu

-Ikan dan makanan laut

-Ayam dan unggas lainnya (pilih daging dada jika memungkinkan)

-Telur dan produk susu rendah lemak

Protein yang sebaiknya dihindari: 

-Daging goreng

-Potongan daging tinggi lemak, seperti iga

-Daging yang diproses, seperti bacon babi, hot dog, salami (mengandung tinggi natrium dan pengawet)

-Keju biasa

-Unggas dengan kulit 

Ikan goreng 

-Tahu goreng 

-Polong-polongan dengan lemak babi

  1. Susu dan Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu juga merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes, tetapi pilih yang rendah lemak. Susu yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah:

-Susu skim (susu tanpa lemak)

-Yogurt rendah lemak 

-Keju cottage rendah lemak 

-Krim asam rendah lemak atau tanpa lemak

Pilihan lainnya adalah greek yogurt. Sebuah studi jangka panjang dalam jurnal BMC Medicine yang melibatkan lebih dari 100.000 peserta menemukan bahwa satu porsi yogurt setiap hari berkaitan dengan risiko yang lebih rendah 18 persen terkena diabetes tipe 2. Studi lainnya dalam International Journal of Obesity menunjukkan bahwa yogurt dan produk olahan susu lainnya dapat menyebabkan penurunan berat badan dan peningkatan komposisi tubuh pada orang dengan diabetes tipe 2. Tingginya kadar kalsium, protein, dan jenis lemak khusus yang disebut asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang ditemukan dalam yogurt dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Terlebih lagi greek yogurt hanya mengandung 6—8 gram karbohidrat per porsi, yang lebih rendah daripada yogurt konvensional. Greek yogurt juga lebih tinggi proteinnya, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan kalori.

Meskipun susu dan produk olahannya bermanfaat, sebaiknya hindari:

-Susu murni

-Yogurt biasa

-Keju cottage biasa

-Es krim 

-Krim half-and-half (campuran susu murni dan krim)

6. Minuman

Banyak minuman yang mengandung lebih banyak kalori, gula, garam, atau lemak daripada yang Anda harapkan. Baca label kemasannya sehingga Anda tahu apa yang ada dalam satu porsinya. Minuman yang baik untuk penderita diabetes adalah:

-Air putih tanpa rasa atau sparkling water dengan tambahan rasa

-Teh tanpa pemanis dengan atau tanpa seiris lemon

-Kopi hitam atau dengan tambahan susu rendah lemak dan pengganti gula

Minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi adalah:

-Soda

-Bir, minuman campuran buah, dessert wine (anggur manis yang disajikan dengan makanan penutup)

-Teh manis

-Kopi dengan gula dan krim

-Minuman berenergi

-Alkohol (dapat meningkatkan risiko gula darah rendah, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong)\

Editor : SF

Leave a Reply