Apa Itu Outing Class?

Outing class adalah kegiatan di luar kelas oleh siswa dengan tujuan untuk menggali pengalaman baru di luar lingkungan sekolah. Dalam kegiatan ini, kamu akan diberikan kesempatan untuk menjelajahi dunia di luar dinding-dinding kelas. Kegiatan ini juga membuat kamu terlibat dalam kegiatan yang relevan dengan mata pelajaranmu. Mengapa penting mengagendakan Outing Class inilah tujuan dan manfaat kegiatan Outing Class:

  1. Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

Kegiatan Outing class dapat  memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar di luar lingkungan kelas, sekaligus pengalaman langsung terkait dengan mata pelajaran yang mereka pelajari. Dengan mengunjungi tempat-tempat seperti museum, laboratorium, perusahaan, atau lokasi sejarah,  dan tempat wisata, yang mana dengan melakukan kegiatan berlibur sekaligus belajar dapat memperdalam pemahaman mereka tentang kegiatan pembelajaran yang sedang dipelajari melalui pengalaman praktis dan menyenangkan tentunya.

  1. Meningkatkan Keterampilan Sosial

Kegiatan outing class dapat membentuk interaksi antara teman sekelas dan guru di luar lingkungan sekolah yang formal. Hal ini bisa membantu memperkuat ikatan persahabatan, meningkatkan kemampuan komunikasi, dan membangun kerjasama dalam lingkungan yang lebih santai dan bebas.

  1. Mengembangkan Kepribadian dan Kepercayaan Diri

Seringkali Outing class dilakukan di luar kelas maupun sekolah, dalam kegiatan tersebut biasanya melibatkan tantangan dan situasi baru yang membutuhkan kamu untuk keluar dari zona nyaman kamu. Melalui pengalaman ini, maka dapat mengasah keterampilan adaptasi, menghadapi ketidakpastian, dan membangun rasa percaya diri dalam menghadapi situasi yang baru dan tidak biasa.

    4. Menghidupkan Pembelajaran

Kegiatan outing class dapat membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan menarik. Dengan melihat secara langsung objek, tempat, atau fenomena yang terkait dengan pelajaran, dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan.

   5. Mengaplikasikan Pengetahuan Secara Praktis

Pembelajaran di luar kelas ataupun sekolah, memberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang sedang dipelajari di sekolah ke dalam kehidupan nyata. 

Editor : SF

Leave a Reply