Berenang merupakan olahraga yang menyehatkan serta menyenangkan fikiran. Namun, ada beberapa hal yang perlu sobat JOP’ers perhatikan dan juga perlu dihindari. Apa saja itu, simak penjelasannya di bawah ini ya!

Makan Sambil Berenang

Berenang sambil makan memang mengasyikan tapi lantas jangan menyepelekannya juga. Makan makanan sambil berenang bisa dikatakan sebuah habit yang tidak baik dan bisa juga membahayakan lho sobat JOPers. Alasannya, perut yang baru terisi makanan akan meningkat suhunya karena sistem pencernaan yang sedang bekerja. Jadi, berbahaya untuk masuk ke kolam dengan air dingin dengan suhu tubuh yang sedang meningkat. Sebaiknya hindari makan sambil berenang agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Hindari berenang setelah makan, apalagi dalam jumlah porsi yang cukup banyak. Alasannya, dapat mengakibatkan kram perut yang bisa berakibat buruk pada keselamatan. Usahakan makan 1 atau 2 jam sebelum berenang, agar sistem pencernaan di dalam perut tidak terlalu berat dalam memproses makanannya, sehingga lebih nyaman dan aman saat berenang.

Berenang Saat Kondisi Tubuh Tidak Fit

Memaksakan diri untuk berenang saat kondisi badan tidak cukup fit sangat membahayakan, karena dapat berdampak tambah buruk untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu perlu diperhatikan pada saat sebelum berenang pastikan kondisi badan benar benar fit  dan sehat supaya dapat menikmati liburan dengan aman dan menyenangkan.

Cek Kedalaman Kolam Sebelum Berenang

Tidak diperbolehkan berenang tanpa melihat ketinggian kolam terlebih dahulu serta kemampuan diri sendiri untuk berenang. Jika belum mahir dalam berenang, hindari berenang dikolam yang dalam. Oleh karena itu, memilih kolam renang tidak terlalu dalam sangat dianjurkan untuk para pemula, tujuannya meminimalisir kemungkinan buruk yang dapat terjadi. Usahakan ketinggiannya tidak melebihi tinggi badan atau sebaiknya mengajak orang yang ahli dalam berenang agar dapat mengawasi dan   mengarahkan.

Jangan Berenang Saat Kondisi Hujan 

Hindari berenang saat hujan apalagi terdapat kilatan petir. Alasannya saat turunnya hujan deras dapat berpengaruh saat mengambil nafas saat berenang, apalagi jika terdapat kilatan petir yang sewaktu-waktu dapat mengalirkan listrik pada air. Hal tersebut dapat membahayakan nyawa. Saat hal tersebut terjadi sebaiknya segera keluar dari kolam renang dan berlindung pada tempat aman.

Anak-anak Yang Berenang Harus Dalam Pengawasan Orang Tua

Bagi perenang pemula, atau anak-anak yang belum mahir berenang, sebaiknya hindari berenang tanpa adanya pengawasan orang tua maupun orang dewasa atau seorang trainer. Karena berenang sendirian tanpa adanya pengawasan mengkhawatirkan risiko terjadinya hal buruk. Seperti tenggelam maupun kram saat berenang. Oleh karena itu selalu awasi anak-anak Anda saat berenang dan jangan sampai lengah. Serta perlu memilih kolam renang yang ketinggiannya sesuai dengan usianya. 

Satu hal lagi yang mungkin bisa diperhatikan kembali adalah mengenakan pakaian renang yang nyaman. Karena ada beberapa jenis pakaian renang yang tidak dapat membuat anak bergerak nyaman. 

Lakukan Pemanasan Sebelum Berenang

Stretching Pemanasan Sebelum Berenang

Masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya stretching dan pemanasan sebelum melakukan olahraga berenang. Padahal pemanasan sendiri sangat bermanfaat untuk menghindari resiko terjadinya hal buruk saat berenang, seperti kram, serta melenturkan otot. Berikut beberapa manfaat stretching :

  1. Mengurangi resiko cidera latihan peregangan dapat membantu melenturkan anggota tubuh, termasuk otot, persendian, sehingga tidak kaku dalam melakukan aktivitas berenang. Dengan Stretching, otot Anda dapat terhindar dari kaku, kram dan resiko cidera sehingga Anda akan mendapatkan hasil optimal dari aktivitas berolahraga
  2. Stretching dapat meningkatkan kelenturan otot dan juga untuk fleksibilitas tubuh.
  3. Mempersiapkan sistem pernapasan

Itulah beberapa tips dasar sebelum Anda dan keluarga memulai aktivitas berenang. Karena walaupun renang adalah salah satu olahraga yang menyenangkan. Jangan sampai lengah ketika akan berenang. Terutama perhatian khusus diberikan kepada anak-anak, peran orang tua juga sangat penting untuk mendampingi putra-putrinya.

Di Jepara Ourland Park sendiri juga sudah ada beberapa tim watergurad yang siap sedia di beberapa titik untuk menjaga semua pengunjung yang berenang. Dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan untuk selalu menggunakan life jacket khususnya bagi anak-anak diwajibkan saat berenang di Jepara Ourland Park. Penggunaan life jacket tentunya untuk meminimalisir resiko kecelakaan selama berenang.

Editor : SF

Leave a Reply