Ngabuburit! Kata yang sudah  tak asing lagi  saat bulan ramadhan datang, karena saat puasa tidak lengkap rasanya jika tak meluangkan waktu untuk melakukan ngabuburit.  Ngabuburit menjadi kegiatan yang tak boleh terlewatkan pada bulan ramadhan, pasalnya pada saat ngabuburit biasanya memilih untuk  mengunjungi berbagai wisata atau hanya sekedar berkeliling daerah rumah sembari menunggu berbuka. 

Ngabuburit bisa menjadi salah satu cara untuk mengajak quality time bersama teman, keluarga dan maupun orang tersayang, ngabuburit memiliki dampak positif dapat mempererat hubungan yang terjalin. Selain akan menambah kedekatan satu sama lain, dan juga dapat mengurangi perasaan stres dan penat serta meningkatkan keimanan kita loh, berikut ini beberapa ide ngabuburit yang bisa dilakukan untuk menikmati quality time bersama orang tersayang dengan cara yang menyenangkan :

  • Bazar Ramadhan

Datang ke bazar ramadhan sangat menyenangkan sembari menunggu waktu buka, karena saat ramadhan biasanya akan ada banyak bazar yang berlangsung dan di bazar tersebut banyak penjual berbagai jenis jualan, kalian bisa membeli beraneka macam makanan untuk takjil dan berbuka. Selain itu, ada juga stand yang menjual pernak-pernik atau bahkan barang kebutuhan lebaran. 

Jika tertarik mengunjungi bazar Ramadhan, datanglah di waktu sore menjelang berbuka. sobat JOPers bisa datang ke bazar JOP Ramadhan Festival berlangsung mulai tanggal 15 maret – 5 April 2024 pukul 15.00 – 21.00 WIB di Jepara Ourland Park, tepatnya di pantai Mororejo belakang Jepara Ourland Park. Banyak berbagai jenis stand dan hiburan serta wahana menarik dan seru yang siap menemnani ngabburit kamu. jangan sampe lewatkan, segera datang dan ramaikan. ajak teman, keluarga dan orang tersayang ngabuburit di JOP Ramadhan Festival.

  • Berziarah ke Makam Tokoh Islam

Berziarah ke makam Tokoh Islam terkenal bisa menjadi ide destinasi wisata saat bulan puasa. Ada banyak tokoh Islam terkenal yang berpengaruh besar dalam penyebaran atau perkembangan agama Islam di Indonesia  Bulan Ramadhan menjadi momen untuk meningkatkan keimanan dan juga beribadah bagi umat muslim. Pada saat bulan suci Ramadhan, biasanya makam-makam dari tokoh Islam tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan setempat maupun dari luar daerah. 

Ngabuburit dengan  mengunjungi dan berziarah ke makam tokoh islam salah satunya di jepara adalah komplek makam mantingan Sultan hadlirin Ratu Kalinyamat dan  juga makam Syekh Abdul Qodir Jali. Selain mendoakan tokoh Islam yang telah wafat, juga dapat mempelajari tentang sejarah dan perjalanan beliau saat masih hidup. Biasanya, ada juru kunci yang akan menjelaskan hal tersebut. Jika tidak sempat berziarah ketika bulan Ramadhan, menjadikan makam tokoh Islam sebagai pilihan tempat wisata lebaran yang patut dikunjungi. .

  • Mengunjungi Masjid Bersejarah maupun Unik

Indonesia memiliki banyak masjid dengan arsitektur yang unik. Masjid dengan bangunan yang unik ini bisa jadi pilihan untuk wisata religi. Bukan cuma untuk berlibur, mengunjungi masjid bisa sekalian menunaikan ibadah. Di Jepara terdapat Masjid bersejarah dan yang memiliki desain bangunan unik, yang ramai dikunjungi saat Ramadhan datang. Biasanya jelang buka puasa terdapat pasar Ramadhan yang menarik pengunjung untuk ngabuburit mengisi waktu menunggu buka puasa. Nah jika berkunjung ke Jepara ada beberapa masjid bersejarah yang ada di Jepara salah satunya adalah Masjid Agung Baitul Makmur Jepara adalah salah satu masjid di Kabupaten Jepara. Masjid agung ini letaknya sangat strategis berada di tengah kota dekat dengan pendopo kabupaten dan juga berada di sebelah selatan Alun-Alun Jepara. Tepatnya berada di jalan kartini kelurahan Kauman Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Dan salah satu masjid unik yang sedang viral karena mirip dengan baitullah,  Masjid Masjid replika ka’bah ini terletak di pinggir jalan di Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara.  Masjid ini ramai dikunjungi setelah foto-fotonya beredar di media sosial belakangan ini, setiap warga yang melintas pasti akan melihat dan tak sedikit yang berhenti untuk melihat bangunan tersebut.  Masjid replika ka’bah ini di bagian depannya juga terdapat tiruan hajar aswad. Spot ini yang banyak dipilih pengunjung untuk berfoto.  Bagian dalam masjid yang terdiri dari dua lantai ini juga tidak kalah menarik. Di dalamnya terdapat pilar-pilar berlapis marmer dan lampu hias yang megah. 

Mengunjungi masjid bersejarah maupun unik, dapat menjadi salah satu ide untuk ngabuburit bersama keluarga maupun teman dan orang tersayang  Masjid bersejarah merupakan salah satu rekomendasi wisata saat bulan puasa Selain untuk menunaikan ibadah sholat, Anda juga bisa menggali sejarah Islam dan asal mula didirikannya masjid tersebut.  Dengan demikian, tidak hanya pengetahuan tentang pendirian masjid yang akan Anda dapatkan, melainkan juga sejarah perkembangan Islam. Di samping itu, bangunan masjid bersejarah biasanya memiliki desain yang megah dan unik, sehingga Anda bisa berkeliling untuk memanjakan mata.

  • Mengunjungi Perpustakaan

Berwisata ke perpustakaan saat bulan puasa tidak akan menguras tenaga saat sedang berpuasa. Jelang berbuka puasa sambil membaca buku dengan mengulik setiap buku-buku lawas di perpustakaan untuk menambah pengetahuan. Padahal perpustakaan bisa menjadi salah satu opsi destinasi wisata saat bulan puasa yang  tidak akan menguras tenaga meskipun saat sedang berpuasa, karena hampir sebagian besar perpustakaan sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, bersih dan nyaman.

Di zaman serba modern ini, banyakan orang menganggap bahwa buku-buku di perpustakaan terlalu ketinggalan zaman jadi sedikit sekali orang yang mau  berkunjung ke perpustakaan di wilayah setempatnya. Tidak ada istilah “ketinggalan zaman” untuk membaca semua jenis buku. Jika suka membaca buku, perpustakaan merupakan salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi saat ramadhan dengan membaca berbagai jenis buku ditemani dengan suasana yang tenang. Untuk meningkatkan pengetahuan agama, Anda bisa membaca buku yang bertemakan Islam dan perkembangannya.

  • Mengunjungi Museum

Ide ngabuburit selanjutnya saat bulan puasa  adalah museum. di Indonesia sendiri begitu banyak museum-museum unik. Salah satu rekomendasi museum unik yang patut dikunjungi saat bulan ramadhan adalah Museum kartini di tempat ini kita bisa mengenal segala macam benda bersejarah. Museum Kartini adalah museum yang terletak di utara alun-alun Jepara, Jawa Tengah. Museum ini mengabadikan jasa-jasa perjuangan KartinI yang termasuk museum umum sekaligus objek wisata sejarah maupun edukasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara. Museum ini terdiri dari 3 buah gedung yang dibangun di atas area seluas 5.210 m2 yang apabila dilihat dari atas gedung – gedung tersebut berbentuk huruf K,T, dan N yang merupakan singkatan dari Kartini, untuk mengenang jasa R.A. Kartini sebagai pejuang emansipasi perempuan di Nusantara.

  • Taman Kota atau Alun-Alun Kota

Ngabuburit dekat dengan rumah dan mudah diakses saat bulan ramadhan, contohnya jalan jalan ke taman kota. Wisata di taman kota ini tentunya tidak dipungut biaya sama sekali bahkan akan ada banyak fasilitas taman kota yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan. Menikmati sejuknya taman kota dengan bersantai menikmati semilirnya angin sambil bermain ayunan atau dengan duduk santai di bawah pohon rindang atau di kursi taman sembari membaca buku-buku religi sambil menunggu waktu berbuka puasa. 

  •  Wisata Alam

Ide ngabuburit terakhir adalah mengunjungi wisata alam seperti pantai, air terjun, danau, hutan ataupun goa. Tempat-tempat tersebut bisa dijadikan tujuan ngabuburit untuk mendapatkan ketenangan dari alam. Jika kebetulan rumah kamu berada tidak jauh dari pantai, tidak ada salahnya jika kamu ingin ngabuburit di pantai bisa berkunjung ke salah satu pantai yang indah yang berada di Jepara yakni Pantai Mororejo. Lokasi pantai mororejo ini berada di RT 4 RW 2 desa Mororejo Kecamatan Mlonggo Jepara.  Cobalah untuk  ngabuburit ke pantai untuk mendapatkan energi positif dengan melihat pemandangan pantai dan suara ombak yang menenangkan. Kamu bisa membawa serta bekal berbukamu saat sore hari untuk merasakan suasana buka puasa yang baru. Mengunjungi wisata alam dapat membantu untuk menjernihkan pikiran dan meredakan stres. Tidak hanya saat Ramadan, alam juga merupakan tempat wisata saat lebaran yang patut dituju.Salah satunya

Nah, itulah berbagai ide tempat untuk ngabuburit saat bulan puasa yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi, Banyak hal yang bisa membuat lebih fresh dan recharging baik jasmani maupun rohani meskipun di bulan puasa. Jangan mengeluh lapar dan lemas, karena kedua hal itu sebenarnya bisa dialihkan dengan berbagai kegiatan seru dan bermanfaat salah satunya adalah  hal di atas ya sobat JOPers!!

Editor : SF

Leave a Reply