Jepara, 14 September 2014 – Karesidenan adalah sebuah pembagian daerah secara administratif dalam sebuah provinsi. Dahulu pada masa Hindia-Belanda sewaktu pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels (1808-1811), Pulau Jawa dibagi menjadi 9 provinsi dan ketika Inggris berkuasa, Gubernur Jenderal Thomas Raffles membagi Jawa menjadi beberapa karesidenan.

Seiring dengan berjalannya waktu Provinsi Jawa Tengah sendiri dibagi menjadi 6 Eks-Karesidenan, diantaranya: Karesidenan Banyumas, Karesidenan Kedu, Karesidenan Pati, Karesidenan Pekalongan, Karesidenan Semarang dan Karesidenan Surakarta. Meskipun kini pembagian administratif berdasarkan karesidenan sudah tidak digunakan lagi, namun untuk hal-hal tertentu dan atau untuk memudahkan administrasi biasanya masih menggunakan wilayah eks karesidenan, misalnya saja untuk pembagian kode kendaraan bermotor. Kendaraan yang berada di daerah Eks-Karesidenan Pati pada umumnya bernomor polisi dengan awalan huruf K. Eks-Karesidenan Pati sendiri menurut data BPS 2010 memiliki jumlah penduduk kurang lebih 5.511.815 jiwa. Eks-Karesidenan Pati meliputi beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora.

Untuk mengapresiasi warga Eks-Karesidenan Pati, Jepara Ourland Park, sebuah wahana wisata air terbesar yang berada di Kabupaten Jepara yang dahulu bagian dari Eks-Karesidenan Pati, memberikan DISKON 40% bagi pemilik kendaraan dengan nomor polisi K. Promo ini dapat digunakan dengan menunjukkan STNK kendaraan bernomor polisi K tersebut, dan satu STNK dapat digunakan untuk maksimal 4 tiket masuk Jepara Ourland Park. Promo ini hanya berlaku mulai tanggal 1-31 Oktober 2018 dan tidak dapat digabung dengan promo lainnya.

Mengenai Jepara Ourland Park

Jepara Ourland Park merupakan wisata bahari terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Dengan bangunan yang mengusung tema Eropa dan Timur Tengah, Jepara Ourland Park tampil unik dan berbeda dengan wisata bahari lainnya di Indonesia. Jepara Ourland Park memiliki 36 seluncuran, berdiri di atas lahan seluas 11 hektar dengan area hijau yang sejuk dan rindang, serta berkapasitas hingga 20.000 pengunjung. Jepara Ourland Park juga menyediakan banyak pilihan wahana, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Jepara Ourland Park menyediakan wahana watersport, karena letaknya yang sangat nyaman di pesisir Pantai Mororejo.

Leave a Reply