Sulcata berasal dari kata latin ‘Sulcus’ yang berarti alur, atau garis yang ada dalam pada cangkang mereka. Apakah sobat JOP’ers sudah pernah bertemu jenis kura-kura Sulcata ini?

Kura-kura ini juga dijuluki sebagai ‘Spur Tortoise’ atau ‘African Spur Thigh Tortoise”, karena berasal dari gurun di Afrika Utara dan memiliki taji berbentuk kerucut di paha belakangnya. Mempunyai ciri khas perpaduan antara warna kuning dan coklat yang mencolok di cangkang tubuhnya. Memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, hingga menempati sebagai spesies kura-kura terbesar ketiga di dunia karena beratnya sendiri bisa mencapai 105 kilogram. Baik Jantan maupun betina pun juga memiliki jenis dan ukuran yang berbeda. Untuk yang betina panjangnya bisa mencapai 50cm dengan berat 60kg sedangkan yang jantan dapat tumbuh hingga 80cm dan beratnya mencapai 100kg. 

Kura-kura Sulcata adalah hewan herbivora atau pemakan rumput dan tumbuh-tumbuhan. Makanannya didasarkan pada tanaman sukulen dan berbagai jenis rumput. Kura-kura ini sangat bergantung pada air sehingga makanan yang diberikan merupakan jenis makanan mengandung air seperti sayuran hijau, selada, kangkung, bayam, dan kale.

Dan untuk jenis buah-buahan, ada pisang, mangga, juga stroberi. Adalah makanan yang baik untuk kura-kura sulcata. Suhu yang dibutuhkan bagi kura-kura jenis ini memerlukan suhu yang panas. Karena memang habitat aslinya mereka di gurun yang terkadang mereka juga sangat gemar mengubur dirinya di pasir. Oleh karena itu kura-kura sulcata membutuhkan suhu panas atau cukup hangat agar mereka tetap sehat dan aktif. 

Nah itulah sedikit informasi mengenai kura kura yang lucu dan unik ini. Sobat JOP’ers bisa bertemu dengan kura-kura sulcata ini di Zona Satwa Jepara Ourland Park. Tak hanya itu Sobat JOP’ers juga bisa berinteraksi sekaligus memberikan makanan secara langsung ke kura-kura sulcata ini. Gimana? Seru banget kan. Yuk! Tunggu apalagi segera agendakan liburanmu ke Jepara Ourland Park.


Sebagai informasi tambahan, dua spesies kura-kura lainnya yang lebih besar dari Sulcata,
ada kura-kura Raksasa Aldabra (Geochelone gigantea) yang tinggal di pulau-pulau Atol Aldabra di Seychelles dan kura-kura Galapagos (Geochelone nigra) yang ditemukan di Kepulauan Galapagos dekat Ekuador.

Author : SF | Editor : FA

Leave a Reply