OLAHRAGA RENANG

APA ITU RENANG?

Renang adalah gerakan berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki. Renang merupakan salah satu di antara cabang olahraga akuatik yang diminati banyak orang, olahraga renang kerap dilakukan tanpa perlengkapan atau bantuan. Jadi, dalam renang lebih banyak menggunakan anggota tubuh, terutama bagian tangan dan kaki untuk bergerak atau mengapung di air. Gaya renang yang diperlombakan adalah gaya bebas ,gaya kupu kupu ,gaya punggung dan gaya dada.

SEJARAH RENANG DI INDONESIA

Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandung Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.

TAUKAH KAMU MANFAAT RENANG?

Renang bisa dilakukan oleh orang dari berbagai kalangan dan tingkatan umur, mulai balita hingga dewasa, termasuk ibu hamil. Olahraga dalam air ini memang tak hanya menyegarkan tubuh, tetapi juga memberi manfaat besar untuk kesehatan yaitu :

  • Membangun massa otot
  • Kesehatan jantung dan paru paru
  • Mengendalikan stres
  • Menurunkan berat badan
  • Membuat tubuh rileks
  • Mengatasi saraf kejepit
  • Mengurangi nyeri sendi
  • Baik bagi penderita asma
  • Mengatasi insomnia

JENIS JENIS GAYA RENANG

  1. Gaya Bebas (Freestyle/ Front Crawl)

    Gaya Bebas merupakan gerakan renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

  1. Gaya Dada atau Gaya Katak (Breaststroke)

 

Gaya Dada atau Gaya Katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air namun berbeda dari gaya bebas batang tubuh selalu dalam keadaan tetap.

  1. Gaya Punggung (Backstroke)

 

    Gaya Punggung merupakan berenang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air.

    4. Gaya Kupu-Kupu atau Lumba-Lumba (Butterfly Stroke)

 

    Renang gaya kupukupu merupakan satu di antara gaya berenang dimana posisi dada menghadap ke permukaan air. Kemudian kedua belah tangan ditekan kebawah secara bersamaan dan        digerakkan ke arah luar sebelum di ayunkan ke depan.

Editor : SRA

Leave a Reply