Kenapa sangat penting menanamkan karakter?

Kedudukan karakter dalam perjalanan setiap manusia sangat penting sekali.bahkan pembentukan karakter sejak dini akan sangat menentukan bagaimana seorang dalam menjalani hidupnya. Siapapun dia apapun profesinya,ketika memiliki karakter positif, tentu akan lebih baik daripada yang tidak memiliki karakter. Maka dari itu,  penanaman karakter positif sejak dini sangat di perlukan agar bisa menjadi modal dalam mengarungi perjalanan hidup.

Kenapa dimulai sejak dini, kenapa tidak saat usia remaja?

          Dalam penanaman karakter positif sebaiknya dimulai sejak dini dibandingkan dengan anak yang sudah memasuki usia remaja. Karena pada usia dini atau biasa disebut oleh para psikologi sebagai masa keemasan. Fase ini sangat penting untuk di perhatikan orang tua karena pada fase ini pertumbuhan anak berkembang begitu pesat dan sangat menentukan kemampuan anak untuk  mengembangkan potensi dirinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50% variabilitas kecerdasan orang dewasa terjadi pada anak yang berusia 4 tahun. Oleh karena itu, penanaman karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini agar dapat menjadi pedoman  bagi mereka uang mengarungi perjalanan hidup.

Bagaimana cara menanamkan karakter pada anak?

  1. Pembiasaan dari kecil

Kita harus tau bahwa anak yang terdidik sejak dini dengan kebiasan yang baik, Ketika besar mereka akan terbiasa dengan Pendidikan yang baik tersebut. Jika memang mereka berbuat salah, maka anak akan menghentikan dan berusaha tidak mengulanginya. Misalnya berdoa sebelum dan sesudah tidur, makan menggunakan tangan kanan, berbicara yang sopan dan perlahan, serta duduk dengan sopan dan teratur. Hal kecil seperti itu yang akan mempengaruhi tata krama dan karakter anak Ketika beranjak dewasa.

  1. Bersikap konsisten

Anak-anak lebih cenderung melihat apa yang anda lakukan. Jadi pembentukan karakter bisa dimulai dari sikap  konsisten yang anda tunjukkan dan anda lakukan. Dimana anak akan melakukan apa yang anda tunjukkan dan anda lakukan dengan konsisten. Anak akan merasa kesal atau marah jika anda tidak konsisten dalam mendidik atau memberi nasihat.

  1. Nyatakan salah jika salah

Tahukah anda bahwa dengan membela anak yang salah maka anda telah dengan sengaja menjadikan anak itu pengecut, karena sikap ini akan menjadikan mereka bukan anak yang “Tangguh”melainkan “pecundang”. Tentu saja anda pasti merasa sedih jika mendengar oranglain berkata buruk tentang anak anda .

Manfaat Pendidikan karakter bagi anak

Pendidikan karakter bukanlah pengajaran yang dapat dilakukan dalam waktu singkat. Walaupun waktunya cukup lama, namun dapat memberikan manfaat Pendidikan karakter yang mendalami bagi anak.

Manfaat Pendidikan karakter bagi anak antara lain:

  1. Membentuk karakter anak

Manfaat pertama yaitu Pendidikan kararter dapat membentuk karakter anak menjadi sosok yang berakhlak. Ketika dia dewasa dia akan menjadi pribadi yang mandiri, maju, kuat, dan berpegang teguh pada prinsipnya.

  1. Melatih displin

Pendidikan karakter juga dapat membuat anak menjadi pribadi yang lebih disiplin. Datang ke sekolah,menghormati guru dan lain sebagainnya adalah beberapa manfaat pendididkan karakter yang dilalui anak untuk masa depannya.

  1. Berlatih membuat keputusan

Manfaat lain dari Pendidikan karakter adalah melatih anak berpikir, menganalisis dan mengambil keputusan secara cepat. Dengan informasi yang dia terima terus menerus dia akan terbiasa untuk bertanggung jawab dalam bertindak.

Editor : AHD

 

Leave a Reply