Tanggal 1 Mei  merupakan May Day atau yang lebih dikenal sebagai Hari Buruh Internasional  selalu dirayakan seluruh dunia. Hari buruh yang sangat penting bagi para pekerja di seluruh dunia. Hari ini merupakan kesempatan untuk merayakan perjuangan mereka dalam memperjuangkan hak-hak yang lebih baik dan menghormati para pekerja yang telah gugur dalam perjuangan mereka.  Peringatan Hari Buruh di Indonesia dirayakan pertama kali pada tanggal 1 Mei 1920 pada masa penjajahan Belanda. Kaum buruh Indonesia melakukan aksi demonstrasi dan mogok kerja untuk memperjuangkan hak-hak mereka yang lebih baik dari pemerintah kolonial Belanda.

Sejarah Hari Buruh di Indonesia bermula saat negara Indonesia masih berada di bawah kekuasaan Belanda, dan kondisi kerja para pekerja di sektor perkebunan dan industri sangatlah buruk. Selama dijajah oleh Belanda, para pekerja dan serikat buruh sering mengalami eksploitasi dan penindasan oleh majikan Belanda. Kondisi kerja yang tidak sangat manusiawi, upah rendah, dan tidak adanya jaminan kesehatan dan keselamatan kerja, membuat para pekerja dan serikat buruh merasa perlu untuk memperjuangkan hak-hak mereka. Sejak itulah, Hari Buruh selalu diperingati setiap tahun sebagai bentuk atas kontribusi perjuangan para buruh terhadap pembangunan bangsa atas hak bekerja. Berikut beberapa ide kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Buruh :

  • Mengikuti Kegiatan Volunteer

Kegiatan sosial ini biasanya didasari dengan keinginan pribadi sebagai bentuk untuk meluangkan waktu, tenaga dan pikiran.  kegiatan volunteer  dapat menambah koneksi atau kenalan dan pengalaman yang baru.  Mengikuti kegiatan sosial untuk memperingati hari buruh, seperti membagikan paket sembako, pengobatan gratis, donor darah dan juga  penanaman pohon bersama sebagai wujud menciptakan lingkungan yang hijau.

  • Memberi Ungkapan Afirmasi

Memberikan ungkapan afirmasi sebagai penegasan atau penguatan yang berarah positif. Bentuk ungkapan afirmasi dapat dilakukan baik offline maupun online. Contoh memberi ungkapan afirmasi offline dengan mengucapkan “Selamat Hari Buruh” kepada anggota karyawan sebagai bentuk ungkapan apresiasi terimakasih kepada seluruh karyawan. dan contoh memberi ungkapan afirmasi secara online atau digital adalah menyuarakan dukungan dan pendapat tentang hak perlindungan pekerja dan kritik membangun kepada pemerintah atas hak kaum buruh di media sosial.

  • Mengenang Jasa Pahlawan dengan Berkunjung ke Museum Sejarah

Berkunjung ke Museum Sejarah untuk mengenang jasa pahlawan dan sebagai bentuk edukasi terhadap sejarah hari buruh. Biasanya terdapat pameran atau acara-acara khusus yang didedikasikan untuk hari buruh yang berfungsi sebagai edukasi pengetahuan baru. Nah itulah beberapa ide kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan dan merayakan hari buruh. Semoga bermanfaat ! 

Selamat Memperingati Hari Buruh Internasional

Setiap keringat yang mereka teteskan adalah perjuangan. Dan setiap usaha yang telah mereka lakukan adalah sesuatu yang berharga.

Editor : SF

Leave a Reply