Waktu menikmati dan menghabiskan libur panjang lebaran bersama keluarga sudah selesai, saatnya kembali bekerja dan beraktivitas produktif lagi. Meskipun beberapa orang menganggap hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, karena sebagian orang merasakan kesulitan untuk berkonsentrasi kembali dan produktif setelah menikmati liburan.  Jika hal ini secara menerus dibiarkan, deadline dan target kerja malah jadi terbengkalai. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk kembali semangat menjalani rutinitas produktif dengan mudah dan lancar  setelah libur lebaran. Berikut tips mengembalikan produktivitas di kantor setelah asyik berlibur. Yuk, disimak!!

  • Carilah motivasi dan Ubah Pikiran dan Ambil Sisi Positif Mengenai Pekerjaanmu

Bekerja adalah dianggap hal yang tidak menyenangkan dibanding liburan, namun jika bagi seseorang yang menyukai pekerjaannya, pasti ada sisi senang kembali pada rutinitas bekerja. Supaya  dapat mengembalikan bersemangat produktif dan bekerja, cobalah untuk berpikir mengenai hal-hal menyenangkan dari rutinitas maupun pekerjaanmu. Contohnya berfikir sisi positif dari pekerjaan dan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu, agar membuat semakin mudah untuk menumbuhkan kerinduan dan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu. Untuk mencari motivasi cobalah untuk mendengarkan konten positif dan menginspirasi sebagai upaya untuk meningkatkan semangat dan motivasi bekerja, sumber motivasi bisa dari berbagai media, mulai dari video youtube, buku self-development, hingga konten podcast. 

  • Buatlah Reschedule dan Mulailah Secara Perlahan

Kembali bekerja setelah berlibur bukannya menjadi happy justru sebagian orang merasa stress dan kebingungan karena tidak mampu melihat tumpukan pekerjaan di mejanya yang sudah menunggu untuk segera diselesaikan. Maka dari itu, supaya bisa kembali produktif setelah liburan,  mulailah membuat rescheduled pekerjaan secara rapi di hari pertama kerja. Hal ini dijamin akan membantu lebih tenang untuk mempersiapkan diri secara mental maupun fisik dan tidak kewalahan ketika menghadapi banyaknya pekerjaan yang menanti. Sebab, dengan jadwal kerja yang jelas pekerjaan akan terasa lebih ringan dan tidak membebankan. Lakukanlah rutinitas pekerjaan itu dengan perlahan-lahan dan bertahap dari yang termudah hingga tersulit. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya. Hal ini perlu dilakukan agar pikiranmu dapat menyesuaikan jadwal deadline dan tumpukan pekerjaan yang diberikan seusai liburan. Bekerja secara bertahap juga dapat menjadi cara yang ampuh untuk tingkatkan kualitas kerja setelah berlibur.

  • Pergunakan Waktu  dengan Bijaksana dan Sebaik Mungkin

Pergunakan waktu  dengan bijaksana dan lakukan pekerjaanmu semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Supaya pekerjaan dan waktu bisa terselesaikan dengan baik, buatlah  target baru yang perlu dicapai dari daftar reschedule dan tugas yang sudah dibuat setiap harinya. Sederhananya, memaksa diri untuk bekerja saat fisik dan mental masih belum siap hanya akan menurunkan kualitas kerja serta membuatmu stres. Oleh karena itu ambillah  jeda singkat saat di kantor. Jeda di sini bukan berarti rehat di jam makan siang. Melainkan, kamu bisa beristirahat pada sela-sela pekerjaan yang menumpuk, dengan mengambil istirahat singkat seperti ini, kamu akan menjadi lebih fokus dan disiplin. 

  • Berangkatlah Lebih Pagi 

Saatnya kembali bekerja dan produktif setelah beberapa lama terbiasa untuk terus malas dan bangun siang di rumah, jadi tinggalkan kebiasaan itu dengan cara memulai memaksakan diri untuk bangun awal dan datang lebih pagi ke kantor. Dengan begitu lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum memulai rutinitas kerja yang sudah lama ditinggalkan sehingga  tidak keteteran saat mengerjakannya nanti. Dan buatlah tempat kerja senyaman mungkin, dengan merapikan dan membersihkan lingkungan kerja agar menjadi lebih semangat dan fokus bekerja.

  •  Jangan Terbawa Teman 

Momen liburan memang sangat bisa membuat orang jadi malas. Mungkin teman-teman kerjamu masih bermalas-malasan pasca liburan dan ini bisa mempengaruhi produktivitas berkerjamu. Oleh karena itu jangan biarkan kamu terpengaruh oleh rekan kerjamu, melainkan kamu yang harus pengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerjamu dan jangan terbawa dengan kemalasan mereka.

  • Jadikan Liburan Berikutnya sebagai Motivasi

Setelah selesai menghabiskan uang untuk liburan kemarin, saatnya kembali menabung untuk merencanakan liburan berikutnya. Berpikir seperti ini bisa memotivasi dan menambah semakin bersemangat kembali produktif bekerja dan menabung.  Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan selanjutnya walaupun masih di awal-awal hari bekerja. bekerja keraslah dan tabunglah uang hasil bekerja supaya bisa dipakai untuk musim liburan berikutnya.

  • Beristirahat yang Cukup

Setelah liburan panjang dan perjalanan mudik kembali ke perantauan mungkin badan akan merasa lelah dan butuh waktu untuk beristirahat. Pastikan untuk mengambil waktu bersantai sejenak sebelum kembali ke rutinitas sehari-hari. oleh karena itu penting untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Istirahat dalam hal ini bisa berupa tidur maupun mengerjakan sesuatu yang disukai, seperti melakukan hobi, menonton film, membaca buku, hingga memasak.

Nah, itulah tujuh tips yang dapat kamu mulai agar bisa kembali produktif setelah menikmati libur panjang. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk bisa kembali semangat dan produktif kembali dalam bekerja!

Editor : SF

Leave a Reply