Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di sebelah timur, serta Kabupaten Demak di sebelah selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa yang berada di Laut Jawa. Jepara yang dikenal sebagai “Kota Ukir” ini banyak menghasilkan ukiran-ukiran mebel yang sangat indah dan komoditas ukirannya sudah menyebar, tidak hanya di pasar nasional, namun hingga di pasar internasional.

Selain dikenal dengan ukiran mebelnya yang sangat bagus, Jepara juga menyimpan banyak destinasi wisata yang mampu mengundang para wisatawan domestik hingga mancanegara. Ada banyak destinasi yang patut kamu kunjungi untuk mengisi waktu senggangmu agar menjadi lebih berwarna. Berikut 7 tempat asik di Jepara yang patut untuk kamu kunjungi:

1. Benteng Portugis

Salah satu destinasi wisata yang wajib untuk kamu kunjungi di Jepara adalah Benteng Portugis. Benteng ini adalah sebuah titik wisata yang fenomenal di Kota Jepara dan telah dijadikan sebagai situs cagar budaya. Benteng yang berdiri kokoh ini terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo atau 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara. Selain menjadi destinasi wisata bersejarah, Benteng Portugis juga dapat dijadikan spot foto yang menarik bagi para pengunjung yang datang. Benteng Portugis yang wow banget ini berjarak cukup jauh dari Jepara Ourland Park, yaitu sekitar 40 kilometer ke arah timur. Namun begitu, jarak tersebut dapat ditempuh dengan nyaman selama sekitar 1,5 jam. 

2. Bukit Bejagan

Destinasi selanjutnya yang sangat keren untuk dikunjungi adalah Bukit Bejagan. Bukit ini terletak di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Bukit Bejagan ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa, kawasan ini dikelilingi pegunungan dan lembah sehingga panorama disekitarnya begitu menakjubkan. Bukit Bejagan makin ramai dikunjungi karena disana disediakan spot foto berupa gardu pandang yang didesain sangat unik dan menarik. Dari gardu pandang tersebut, kamu dapat melihat keindahan pemandangan alam kota Jepara dari ketinggian. Titik wisata yang unik ini berlokasi 55 kilometer dari Jepara Ourland Park, atau kira-kira hampir 2 jam berkendara. Tapi worth it banget, karena memang tempatnya juga tak akan terlupakan.

3. Hutan Wisata Sreni Indah

Selanjutnya ada Hutan Sreni Indah yang wajib masuk ke dalam daftar kunjungan liburanmu. Hutan Wisata Sreni Indah adalah salah satu objek wisata yang terdapat di Jepara. Berjarak 35 km dari pusat kota, tepatnya berada di Desa Bategede, Nalumsari, Jepara, objek wisata ini merupakan hutan lindung yang berada di kaki gunung Muria, namun karena keindahan pemandangan perbukitan, persawahan, perkampungan dan juga sungai yang indah, pemerintah kabupaten Jepara meresmikan Sreni Indah sebagai salah satu objek wisata di Jepara. Di Hutan Wisata Sreni ini kamu tidak hanya bisa bermain dan menikmati spot pemandangan yang indah buat foto instagram-mu saja tapi kamu juga bisa berkemah bersama teman atau keluargamu disini loh. Hutang lindung ini berjarak sekitar 35 kilometer dari Jepara Ourland Park, atau sekitar satu jam berkendara.

4. Air Terjun Jurang Nganten

Air Terjun Jurang Nganten adalah salah satu destinasi yang tidak boleh kamu lupakan jika berkunjung ke Jepara. Air terjun ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Jepara. Disini kamu bisa merasakan sensasi mandi di bawah air terjun yang bersih dan segar. Berfoto dengan latar belakang Air Terjun Jurang Nganten juga menjadi salah satu hobi pengunjung ketika datang ke lokasi ini. Jadi, jangan lupa ajak teman kamu untuk berkunjung ke air terjun ini. Air terjun yang menawan ini  jaraknya sekitar 45 menit berkendara atau sekitar 20 kilometer dari Jepara Ourland Park.

5. Bukit Ragas

Bukit Ragas juga menjadi tujuan wisata  yang recommended untuk kamu kunjungi. Bukit Ragas dahulu adalah sebuah bukit batu kapur yang sempat digunakan sebagai tempat aktivitas penambangan batu kapur. Tapi kini, disana kamu bisa mengabadikan foto dengan latar belakang bukit batu kapur yang bisa dibilang sebagai brown canyon-nya Jepara. Tidak hanya bukit saja, namu di Bukit Ragas juga terdapat danau yang terbentuk dari bekas aktivitas penambangan batu kapur. Jadi, bukan hanya pemandangan bukit kapur yang indah saja, disana pun kalian juga bisa melihat danau yang sangat cantik. Bukit Ragas ini terletak di Desa Clering, Kecamatan Donorojo, Jepara. Titik wisata ini terletak 46 kilometer dari Jepara Ourland Park, jarak yang bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam berkendara.

6. Wisata Kelapa Park Jepara

Selanjutnya ada destinasi wisata yang  tentunya tidak keren yaitu, Wisata Kelapa Park Jepara, yang berada di Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji. Taman wisata ini adalah milik Pemerintah Kabupaten Jepara yang dikelola oleh Perusda Aneka Usaha. Di Wisata Kelapa Park ini kamu bisa bermain wahana outbound flying fox sepanjang 100 meter, ATV, paintball,Burma Bridge sepanjang 12 meter serta restoran. Wah, seru bukan? Wisata Kelapa Park Jepara berjarak sekitar 12 kilometer dari Jepara Ourland Park yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit berkendara.

7. Jepara Ourland Park

Destinasi yang paling keren, paling seru, paling ngehit yang wajib banget untuk kamu kunjungi adalah Jepara Ourland Park. Jepara Ourland Park adalah taman wisata bahari terpadu, terbesar di Jawa Tengah. Berdiri di atas lahan 11 hektar dan hadir dengan konsep eklektik Timur Tengah dan Eropa, Jepara Ourland Park sangat cocok menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Tidak hanya menampilkan 36 seluncuran air, Kolam Olympic dan Lazy River, Jepara Ourland Park dilengkapi dengan wahana Gokart, Paintball, Kora-Kora, dan masih banyak lagi. Lokasinya yang tepat di tepi Pantai Mororejo membuat Jepara Ourland Park jadi tempat yang asyik banget, kamu tidak hanya bermain-main di waterpark-nya saja, tapi nongkrong di tepi pantai bisa jadi pilihan yang seru. Watersport? Ada dong… dari jetski, banana boat, donut boat, sampai kapal tradisional yang siap mengantarku berkelana ke Pulau Panjang. Sunset di Pantai Mororejo itu juga keren banget! Jadi tunggu apalagi? Ajak keluarga dan kerabat Anda ke Jepara dan coba bermain di puluhan wahana Jepara Ourland Park. Jepara Ourland Park berada di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

Leave a Reply