Jepara merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, yang selain dikenal sebagai “Kota Ukir”, Jepara juga menyimpan banyak wisata pantai yang eksotis dan menakjubkan. Pantai merupakan wisata favorit bagi banyak kalangan dan sangat cocok dikunjungi dengan berbagai tujuan, baik untuk bersantai bersama keluarga atau teman-teman ataupun untuk menyendiri dan menyatu dengan alam. Destinasi wisata pantai banyak digemari karena pengunjung dapat bermain air, berenang atau hanya sekedar berswafoto. Berfoto dengan latar belakang laut memberikan kesenangan tersendiri dan pastinya ketika kita berkunjung ke pantai tidak ketinggalan dengan kuliner seafood yang menggoda lidah untuk mencobanya.

Tidak usah bingung mencari wisata Pantai di Jepara yang recommended karena kami akan mengulas secara singkat pantai yang ada di Jepara. Berikut 7 pantai keren di Jepara yang wajib kamu kunjungi:

1. Pantai Kartini Jepara

Pantai Kartini adalah objek wisata pantai di Bulu, Jepara. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju objek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Untuk dapat menikmati pesona Pantai Kartini Jepara, wisatawan dapat membeli tiket masuk dengan harga Rp 5.000 per orang dan juga akan dibebankan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat, Rp 10.000 untuk minibus dan Rp 15.000 untuk parkir bus. Pantai Kartini yang keren banget ini jaraknya hanya 7 kilometer dari Jepara Ourland Park, yang kira-kira dapat ditempuh selama 15 menit berkendara.

2. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan bisa menjadi salah satu tujuan untuk bermain di pantai dengan hamparan pasir putih dan pemandangan laut yang indah. Pantai Bandengan sangat ramai pengunjung ketika hari libur atau lebaran. Di sana kamu bisa berenang, bermain banana boat dan juga bisa menyewa kapal kecil untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Jam operasional pantai ini adalah pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, dan untuk biaya tiket masuk dikenakan tarif Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk dewasa di hari Senin hingga Jumat, sedangkan  hari Sabtu dan Minggu dikenakan tarif berbeda yaitu, Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk dewasa. Pantai Bandengan yang terkenal ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer atau hanya sekitar 5 menit berkendara dari Jepara Ourland Park.

3. Pantai Mororejo

Tidak jauh dari Pantai Bandengan terdapat juga pantai yang tidak kalah kerennya yaitu, Pantai Mororejo. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, terutama saat matahari mulai terbenam, pada waktu itulah kamu bisa melihat warna senja yang cantik. Pantai Mororejo terletak di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Jepara. Di Pantai Mororejo ini kamu bisa mencoba bermain jet ski, banana boat, donut boat, selain itu kamu juga bisa menyewa kapal kecil dengan biaya Rp 20.000 per orang yang akan mengantar kamu ke Pulau Panjang. Tidak hanya itu, di pinggir Pantai Mororejo juga terdapat kafe yaitu, De Moro Coffee Box dan juga ada beberapa warung yang menyajikan menu seafood dan makanan khas Jepara, yaitu Pindang Serani. Yang membuat pantai ini keren banget adalah lokasinya yang tepat berada di Jepara Ourland Park, jadi kamu bisa berwisata bahari dengan sempurna. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa bermain sepuasnya di Jepara Ourland Park, yang harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp 60.000 di hari Senin sampai Jumat, dan Rp 75.000 di hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

4. Pantai Pulau Panjang

Selain Kepulauan Karimunjawa, ada beberapa pulau lain di Jepara yang memiliki pantai tak kalah indah. Salah satunya adalah bentangan pantai di Pulau Panjang. Tak hanya pantai yang sangat cantik, namun juga banyaknya pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Di pantai ini terdapat dermaga panjang bernama ”Dermaga Cinta” yang menuju ke nyaris tengah laut. Dermaga ini kerap kali jadi objek foto para pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa snorkeling atau sekedar menaiki perahu di sekitar laut Pantai Pulau Panjang. Pantai Pulau Panjang ini bisa dijangkau dengan menggunakan perahu tradisional dengan waktu perjalanan kurang-lebih 20 menit dari Pantai Mororejo yang terletak tepat di belakang Jepara Ourland Park. Biayanya pun sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 20.000 per orang, dan kamu sudah dapat menikmati keindahan alam di dua pantai, pengalaman seru naik kapal tradisional dan tentunya sensai “Si Bolang” yang tak terlupakan.

5. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur adalah pantai yang terletak di Desa Teluk Awur, Tahunan, sejauh 4 km dari pusat kota Jepara. Pantai ini ditandai oleh banyaknya pohon bakau yang berfungsi sebagai peneduh selain sebagai penahan abrasi.  Di sini, ada banyak sekali aktivitas yang biasa dilakukan pengunjung. Beberapa diantaranya seperti bermain pasir putih dan bermain di laut dengan ombak yang kecil. Pantai Teluk Awur berjarak sekitar 10 kilometer dari Jepara Ourland Park, atau sekitar 20 menit berkendara.

6. Pantai Bondo

Pantai Bondo adalah salah satu tempat yang juga patut menjadi rujukan untuk para wisatawan untuk refreshing. Pantai Bondo atau yang biasa disebut sebagai Pantai Ombak Mati menawarkan panorama keindahan alam dengan pasir putih yang membentang dan jika pengunjung beruntung mereka akan dapat melihat gugusan pegunungan  Muria yang sangat indah. Pantai Bondo ini terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara, yang terletak sekitar 15 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara dari Jepara Ourland Park.

7. Pantai Blebak

Pantai Blebak terletak di Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai nan bersih di antara serpihan-serpihan karang halus dan juga amat menggugah kenyamanan dan kedamaian hati. Lokasi yang amat jauh dari keramaian, udara kering dan sejuk membuai diri dalam kedamaian jiwa. Temukan ketenangan jiwa di pantai yang berlokasi sekitar 14 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara dari Jepara Ourland Park ini.

Leave a Reply