JOP Ramadhan Festival

Rajin mengikuti event bazar maupun pameran bermanfaat dan menguntungkan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), tak hanya membantu untuk memasarkan produk, acara bazar maupun pameran juga membuka pintu bagi para pelaku usaha untuk berkenalan dengan banyak pihak. Kerap kali pameran jadi panggung bagi pelaku usaha. Apalagi, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pelaku UMKM, jika rajin mengikuti berbagai bazar dan pameran. oleh karena itu, terdapat beberapa manfaat dan keuntungan saat mengikuti bazar maupun pameran, antara lain:

  • Meningkatkan Image dan Visibilitas produk

Event bazar dan pameran menjadi ajang flexing sebuah produk usaha, dengan mengikuti bazar produk usaha akan dilihat oleh ribuan mata dari banyaknya pengunjung yang hadir pada event bazar maupun pameran. Sehingga ini adalah kesempatan besar untuk membranding image dan memperkenalkan produk usaha. Dengan begitu, brand awareness akan mudah tertanam di benak pengunjung. karena biasanya pengunjung bazar sangat banyak jadi melalui event ini secara tidak langsung memperkenalkan produk usaha kepada masyarakat yang hadir pada event tersebut.

  • Memperoleh Calon Pembeli atau Sales Leads

Mengikuti bazar maupun pameran dengan membuka stand secara tidak langsung sudah mengenalkan produk bisnismu kepada pengunjung bazar. Meskipun biasanya event bazar maupun pameran tidak berlangsung lama, namun peluang melebarkan sayap bisnis akan sangat terbuka lebar. Kemungkinan yang terjadi setelah mengikuti bazar seperti bertambahnya jumlah pelanggan baru dan pesanan produk pun juga otomatis bertambah.

  • Menambah Omset Pemasukan

Selama bazar berlangsung, bagi pelaku bisnis dapat mengoptimalisasi Strategi, planning promosi dan juga jumlah transaksi penjualan dengan berbagai cara, misalnya dengan memberikan diskon, kupon hadiah, hingga bonus menarik lainnya dapat menjadi peluang dan menarik pengunjung untuk membeli produk usaha yang ditawarkan.

  • Membidik Pengunjung Spesifik

Jika kita memiliki segmentasi pasar yang khusus, mengikuti bazar maupun pameran merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaring pasar. Meskipun, banyak konsumen yang datang hanya sekedar melihat-lihat. Namun, pasti ada ratusan konsumen yang datang untuk tujuan khusus yaitu membeli produk atau menggunakan jasa kita, setidaknya mendapatkan informasi trend pasar yang sedang digemari masyarakat, dengan cara melihat minat pengunjung terhadap produk yang ada di dalam pameran tersebut. Dengan begitu dapat menganalisis dan memperkirakan strategi apa yang diperlukan untuk dapat lebih mengembangkan bisnis.

  • Mengenal Potensi Kompetitor

Event bazar maupun pameran diikuti banyak pelaku bisnis atau usaha. Melalui event tersebut, bagi pelaku usaha dapat menganalisis sekaligus menjaring informasi tentang pesaing, seperti harga produk, produk unggulan, peralatan yang digunakan. Atau sekadar mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis mereka.

  •  Efek Viral Marketing Saat Event

Event bazar maupun pameran sering dijadikan ajang untuk membuat brand bisnismu menjadi viral dengan cepat di sosial media atau dibicarakan banyak orang. Contohnya, dengan strategi dengan membuat background stand yang unik dan menarik pengunjung, karena biasanya customer kebanyakn adalah generasi Z yang mana mereka sering membuat video kemudian di upload di sosial media dan menjadi viral.

  • Belajar dari Pembeli Secara Langsung

Untuk sebagian orang, bazar dan pameran adalah salah satu cara terbaik untuk memvalidasi ide bisnis atau produk usaha. Pada event ini lah saatnya pelaku usaha dapat mengobrol langsung dengan pembeli atau pengunjung yang tertarik pada produk usaha yang ditawarkan. Bagi pelaku usaha akan bermanfaat dan dapat belajar secara langsung dari pengunjung bila mereka tidak jadi membeli produkmu, pendapat mereka mengenai produk dan masih banyak pertanyaan lain yang akan terjawab saat berbicara langsung dengan pengunjung.

  • Dapat Menjadi Ajang Untuk Menambah Networking

Pameran maupun bazar besar biasanya mengundang semua pihak yang terkait dengan institusi tersebut, mulai dari pemasok, principal, distributor, investor, lembaga riset, media, dan tentu saja pelanggan. hal tersebut tentunya dapat menjadi peluang bagus untuk memperluas kemitraan, dan tidak menutup kemungkinan bisa bekerjasama di masa mendatang. Event seperti ini biasanya memiliki media marketing yang amat kuat oleh karena itu hal tersebut dapat dimanfaat bagi pelaku usaha yang m,mengikuti bazar maupun pameran.

  • Mengevaluasi Kualitas Tim Kerja

Terakhir, dengan mengikuti bazar maupun pameran juga bermanfaat untuk bisa melihat dan mengevaluasi sejauh mana kualitas kerja dari sumber daya yang dimiliki. Terutamanya untuk bidang marketing sudah sebagaimana kerjasama antar tim dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa selama event berlangsung.

Nah itulah beberapa manfaat dan keuntungan dengan mengikuti bazar maupun pameran, sebagian bagi pelaku bisnis bazar dan pameran merupakan peluang emas untuk mengembangkan produk brand bisnisnya bahkan menambah omzet, maka ketika ada bazar manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk mengembangkan brand dan melatih mental berbisnis. 

Editor : SF

Leave a Reply