Bulan Ramadhan adalah momen spesial yang selalu dirindukan. Momen-momen ini memberikan kenangan indah dan memperkuat tali persaudaraan. Semoga Ramadhan tahun ini menjadi Ramadhan yang penuh berkah dan momen-momen tak terlupakan bagi kita semua.

Bulan Ramadhan selalu menghadirkan momen-momen spesial yang tak terlupakan. Bagi umat Islam, bulan Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang spiritualitas, kebersamaan, dan berbagi. Setiap orang memiliki cerita dan kenangan uniknya sendiri tentang bulan Ramadhan. Momen spesial yang tidak hanya memiliki nilai spiritual tetapi juga memiliki beragam kenangan bagi setiap muslim. Inilah beberapa momen yang dirindukan saat bulan ramadhan datang :

  • Kegiatan Sholat Tarawih Berjamaah di Masjid

Salah satu keutamaan saat ramadhan adalah shalat tarawih. Shalat yang dilaksanakan setelah shalat isya ini menjadi hal yang ditunggu oleh setiap umat muslim. Selain pahala yang berlipat ganda, melaksanakan tarawih hingga tadarus Al-Quran bersama keluarga dan tetangga, bisa membuat hati tenang dan penuh kehangatan. Menjalankan salat tarawih berjamaah di masjid merupakan momen Ramadhan yang dirindukan banyak orang. Suasana masjid yang penuh dengan jamaah dan lantunan ayat suci Al-Qur’an menciptakan ketenangan dan kedamaian di hati.

  • Kegiatan Tadarus 

Ramadhan Bulan puasa ramadhan menjadi bulan istimewa dan penuh berkah, karena semua amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya, termasuk tadarus Alquran. Membaca Alquran dapat menjadi penenang bagi pembaca serta pendengarnya, sekaligus mendapat pahala berlipat lipat dari Allah.

  • Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan

Kegiatan Pesantren kilat ramadhan kilat rutin dilakukan di sekolah, masjid, mushola, kegiatan ini bertujuan memberi ruang bagi anak-anak hingga remaja maupun masyarakat supaya mampu menjalankan ibadah puasa dengan suasana yg damai, menyenangkan, dan bermanfaat menambah pemahaman mengenai ilmu agama.

  • Bukber dan Menu Buka Puasa

Bukber atau buka bersama menjadi kegiatan ramadhan yang tidak boleh ketinggalan. Buka bersama menjadi momen yang paling dirindukan pertama, Biasanya kegiatan bukber menjadi ajang silaturahmi serta reuni dengan anggota keluarga, teman sekolah atau universitas, juga rekan kerja, berbuka puasa bersama dapat dilakukan di restoran, mall atau bahkan di rumah. 

Berbuka puasa bersama keluarga, teman-teman, atau orang-orang tersayang adalah momen yang dinanti-nanti. Kebersamaan saat menyantap hidangan berbuka puasa dan berbagi cerita menjadi kenangan indah yang tak terlupakan. Suasana kehangatan ramadhan semakin terasa saat berkumpul dan berbagi cerita bersama orang tersayang. Menu buka puasa memang paling dinanti menjelang buka puasa. Meskipun sederhana, namun kenikmatan makan bersama keluarga setelah seharian berpuasa, menjadi momen yang tidak bisa didapatkan di hari biasa.

  • Kegiatan Sahur Ramadhan bersama dan Membangunkan Sahur

Sahur bersama keluarga adalah salah satu momen Ramadhan yang paling berkesan. Bangun di seperempat malam untuk melaksanakan santap sahur menjadi momen kebersamaan saat menyiapkan makanan sahur, saling membangunkan, dan bercanda bersama menciptakan kenangan yang indah.

Tongtek menjadi kegiatan yang bisa ditemui saat bulan puasa, membangunkan sahur sebagai tradisi spesial yg lazimnya dilakukan oleh anak-anak sampai remaja. Demi membangunkan masyarakat agar tidak melewatkan, tongtek biasanya menggunakan alat-alat musik tradisional, bedug, bambu, gamelan, tandon air bekas, maupun botol plastik, tentunya diikuti menggunakan suara yang lantang. “Sahuuur… sahurrrrrrrr….”

  • Ngabuburit Menunggu Adzan Magrib

Bulan puasa datang tidak lengkap rasanya jika tak meluangkan waktu untuk melakukan ngabuburit.  Ngabuburit menjadi kegiatan yang tak boleh terlewatkan pada bulan ramadhan, pasalnya Untuk mengisi waktu sambil menunggu adzan magrib sebagai pertanda buka puasa, biasanya masyarakat Indonesia mengisinya dengan ngabuburit. Banyak cara dilakukan untuk ngabuburit, mulai dari jalan-jalan di taman, bermain layangan, hingga memasak di dapur sambil mempersiapkan menu buka puasa.

Ngabuburit bisa menjadi salah satu cara untuk mengajak quality time bersama teman, keluarga dan maupun orang tersayang, ngabuburit memiliki dampak positif dapat mempererat hubungan yang terjalin. Selain akan menambah kedekatan satu sama lain, dan juga dapat mengurangi perasaan stres dan penat serta meningkatkan keimanan.

  • Bagi – Bagi Takjil

Pada bulan puasa ramadhan bagi umat muslim akan meningkatkan iman dengan berbuat kebaikan dan berbondong – bondong untuk bersedekah, salah satunya dengan bagi bagi takjil maupun memberi makan berbuka puasa maupun sahur gratis, biasanya mereka membagikan makanan dan minuman untuk berbuka ke masjid, mushola, dan juga sepanjang jalan yang ramai, seperti di lampu merah biasanya mereka bagi bagi  takjil gratis kepada masyarakat pengguna jalan  yang melewati lampu merah dan mereka yang membutuhkan.

  • Malam Takbir Keliling atau Takbiran  dan Menyambut Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri adalah momen puncak dari bulan Ramadhan. Momen ini diwarnai dengan suka cita, saling bersilaturahmi, dan bermaaf-maafan.  Takbiran dilakukan di malam sebelum hari raya Idul Fitri. Takbiran secara bahasa merupakan aktivitas mengucapkan kalimat takdir secara bersama-sama. Di Indonesia, malam takbiran umumnya diisi dengan pawai keliling desa sambil mengucapkan kalimat takbir.  Namanya adalah takbir keliling menjadi gong yang sangat dinantikan dan ditunggu setelah menyelesaikannya puasa selama 1 bulan penuh. Malam takbiran biasanya masyarakat akan berkumpul di masjid dan bersama-sama mengucap kalimat takbir yang terdengar ke seluruh kampung dan ada biasanya ada takbir keliling kampung beramai-ramai dengan kendaraan yang dekor ramadhan vibes seperti dekorasi masjid, unta, bedug dll dan juga dihiasi lampu warna warni dan kelap kelip.

  • Mudik Lebaran

Kegiatan yang dirindukan dan yang paling ditunggu dan dinantikan saat bulan Ramadhan menjelang lebaran tiba adalah momen mudik lebaran. mudik merupakan tradisi rakyat Indonesia Mudik ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga besar adalah momen Ramadhan yang dirindukan banyak orang. Meskipun saat memasuki waktu mudik semua area lalu lintas ramai dan macet, tak membuat semangat mereka luntur untuk kembali ke kampung halaman dan menikmati hari raya bersama orang tersayang dan keluarga dirumah. Kebersamaan dan kehangatan keluarga menjadi momen yang tak terlupakan

  • Nah, itulah beberapa moment saat bulan puasa yang paling dirindukan, namun mungkin masih banyak lagi hal yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dirindukan. Selain hanya berlangsung selama kurang lebih satu bulan dalam satu tahun, momen – momen yang jarang terjadi juga membuat hati kita rindu. Semoga apa yang sudah lalui di bulan puasa dan semua amal ibadah kita dapat diterima oleh Allah SWT, dan juga mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas dosa dosa yang pernah kita perbuat di masa lalu, semoga kita senantiasa dapat diberi umur yang panjang agar dapat bertemu kembali dengan bulan ramadhan. amiinn. semoga bermanfaat!

Editor : SF

Leave a Reply