Berkunjung Ke Jepara Wajib Mencoba Kuliner Unik dan Khas Asal Kota Ibu Kita Kartini

Jepara merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa tengah, kota kelahiran Raden Ajeng Kartini memiliki pesona indah di setiap sudutnya. Daerah yang terkenal akan ukiran kayu dan perabotan yang bernilai tinggi dan juga tempat pariwisatanya yang sangat indah, memiliki banyak pantai yang luar biasa indah dan juga alamnya yang masih asri dan mempesona.  Dan yang lebih menariknya, Jepara juga memiliki makanan khas yang beragam. Ada berbagai jenis makanan dan minuman khas dan melegenda di Jepara. Dari camilan, minuman, sampai makanan berat, Jepara punya semua makanan khas yang enak. 

Jika berkunjung  ke Jepara, jangan lupa cobain kuliner makanan dan minuman unik khas Jepara ini, Walaupun namanya unik tapi makanan-makanan ini memiliki rasa yang mantap dan nikmat khas dan terkenal di Jepara lho. Penasaran, kan, makanan apa aja? simak list kuliner khas jepara yang wajib di coba :

Bongko Mento

Bongko Mento merupakan makanan keraton Jepara. makanan khas Jepara ini dibungkus dengan daun pisang. Isinya terdiri dari telur dadar isi dada ayam suwir tumis yang dicampur jamur tiram, bihun, dan santan.

 

 

 

 

Horok-horok

Makanan khas Jepara yang terbuat dari tepung pohon aren ini didominasi warna putih dan memiliki tekstur kenyal dengan rasa sedikit asin. Makanan ini dibuat dengan mengukus tepung gula aren kemudian didinginkan sehingga teksturnya kenyal.

 

 

 

 

Pindang Serani

Makanan khas Jepara yang hampir mirip dengan sup ikan, Pindang serani memiliki cita rasa yang khas powerfull nikmatnya karena gurih,  manis, pedas dan asam

pindang serani terbuat dari ikan serani .

 Kuluban 

Kuluban menjadi makanan sehat yang perlu dicoba tak kalah nikmatnya, kuliner satu ini dibuat dari bahan dasar sayuran. Kuliner khas yang bernama kuluban ini bisa disebut juga sebagai salad nya orang Jepara. Kuluban atau salad sehat ini dibuat dari campuran berbagai macam sayur yang ditambahkan dengan bumbu dan parutan kelapa. jenis sayur yang digunakan biasanya daun singkong, kangkung, labu siam, wortel, kangkung, toge dan juga sawi. kemudian diberi campuran bumbu menggunakan kelapa, cabai, terasi, dan juga gula.

 

 

 

Adon-adon coro 

Adon-adon coro merupakan salah satu minuman khas Jepara yang sangat nikmat dan menyegarkan tak hanya itu minuman ini juga menyehatkan karena menggunakan beberapa rempah, diantaranya seperti bubuk merica, kayu manis, cengkeh, lengkuas, dan juga pandan. Khas minuman ini disiram dengan menggunakan kuah santan, jahe, dan gula jawa.

Adon coro ini mempunyai cita rasa rempahnya yang khas, yang mana bisa menjadikan badan menjadi hangat. Minuman ini pas sekali dinikmati saat cuaca dingin.

 

 

Es Gempol 

Es gempol atau es pleret minuman manis khas Jepara yang memiliki rasa manis gurih dan menyegarkan karena berisi gempol dan pleret dengan  santan dan gula cair.. Adonan  gempol ini memiliki bentuk yang bulat bahkan memiliki warna yang unik yaitu pink, bahan utama pembuatannya adalah tepung beras.

 Singit 

Kuliner makanan khas Jepara Jawa Tengah yang terbuat dari daging sengkel. Daging ini dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, kecap manis, garam dan, gula merah. Rasanya hampir mirip dengan rendang

 

 

 

 

Moto Belong

Makanan manis legit yang hanya ditemukan di Jepara, moto belong menjadi makanan dan  salah satu jajanan tradisional khas Jepara yang banyak tersedia di pasar tradisional.

Makanan khas Jepara ini dinamakan moto belong karena berbentuk seperti mata yang bagian tengahnya melotot (belong). Moto belong terbuat dari singkong yang diparut dan dibentuk bundar kemudian diberi pisang pada bagian tengahnya

 

 

 

 

KOPI TEMPUR

Kopi khas Jepara ini berasal dari desa tempur, yang terletak di Kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah. Desa Tempur merupakan desa wisata yang menjadikan kopi sebagai komoditas ekspor yang membantu perekonomian warga. Kopi khas Jepara dari desa tempur memiliki warna hitam pekat yang sempurna. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya atau pewarna. Kopi tempur adalah jenis bubuk kopi robusta yang wanginya sangat khas. Kopi ini mempunyai cita rasa khas kopi asli pegunungan yang rasanya sangat nikmat diminum pada waktu cuaca dingin.

nah, itulah daftar makanan khas dan legend asal Jepara, jika berkunjung di Jepara, tak ada salahnya untuk menikmati kuliner dan oleh oleh asli kota Jepara ini.

Editor : SF