Strategi pemasaran bazar adalah cara yang cukup efektif dan sangat membantu para pelaku UKM untuk mengenalkan produk mereka serta meningkatkan penjualan. Besarnya minat para UKM untuk mengikuti bazar juga didukung oleh para event organizer yang sudah sering mengadakan bazar. Bazar adalah pasar yang sengaja diselenggarakan untuk jangka waktu relatif singkat. Contoh bazar, antara lain bazar makanan daerah, bazar pakaian, bazar barang-barang kerajinan, bazar fashion, bazar buku, bazar makanan kekinian, dan lain sebagainya.

Walaupun kegiatan bazar waktunya relatif singkat biasanya kurang lebih 1–7 hari, bila dioptimalisasi dengan baik, bisa memperoleh konsumen-konsumen yang cukup potensial untuk menjadi pelanggan tetap. Bahkan dengan mengikuti bazar, tidak menutup kemungkinan kamu sebagai pelaku UKM bisa memperluas jaringan pemasaran. Supaya kamu meraih untung, berikut ini strategi pemasaran bazar dan ide jualan di bazar yang laris manis :

  • Paham mengenai konsep bazar  maupun sistem sewa stand

Setiap event bazaar maupun pameran biasanya memiliki konsep yang berbeda-beda, tergantung dari pihak penyelenggara mengenai konsep yang diusung pada event tersebut, oleh karena itu sebelum memulai gabung dan menyewa stand sebaiknya mempelajari dulu mengenai konsep bazar, harga sewa, mulai dari tanggal di selenggarakan event, jam buka-tutup, dan fasilitas dll. Mencari informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.

  • Planning Promosi atau diskon

Salah satu cara agar cuan saat ikut bazar adalah menyiapkan promosi yang matang sebelum membuka stand di event bazar maupun pameran, karena biasanya pada event tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Oleh karena itu kami harus mempersiapkan planning promosi seperti price list, katalog produk, kartu nama, brosur, dan lain sebagainya.  Strategi lainnya sebelum event bazar maupun pameran dimulai yang bisa dilakukan adalah membuat promosi via social media, seperti melalui Instagram, Facebook, Twitter, blog, maupun website. Secara tidak langsung langkah tersebut juga membantu branding produk Anda. 

  • Memudahkan Proses Transaksi

Mempermudah proses transaksi customer dapat meningkatkan minat pengunjung untuk membeli produk kembali, karena kebanyakan pengunjung bazar atau pameran yang tidak ingin direpotkan dengan ribetnya sebuah transaksi. Tentunya mereka ingin semuanya serba mudah, seperti dalam sistem pembayaran barang. Zaman serba modern dan teknologi semakin berkembang dengan pesat untuk mempermudah proses transaksi customer, strategi yang bisa dilakukan dengan  menyediakan scan barcode QRIS untuk pembayarannya. Salah satu cara untuk mempermudah transaksi adalah dengan menyediakan mesin EDC (Electronic Data Capture). Mesin ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan kartu kredit dan kartu debit. 

  • Berikan brosur mengenai usaha anda kepada pengunjung.

 Hal ini berguna saat ada pelanggan yang datang baik yang membeli produk atau pun yang hanya sekedar melihat-lihat, Anda dapat memberikan atau menyebarkannya agar usaha Anda nantinya lebih dikenal. Mungkin beberapa orang tidak membeli produk usaha sekarang, namun mungkin saja suatu hari orang tersebut akan membutuhkan atau menginginkan produk yang Anda jual. Sehingga mereka bisa menghubungi Anda ketika mereka menginginkannya.

  • Berikan Pelayanan Terbaik

Dalam setiap usaha, hal yang tak kalah penting adalah pelayanan yang baik. Saat menjaga stand, pandai-pandailah menarik hati pelanggan caranya dengan memberikan layanan terbaik, misalnya dengan memberikan ucapan terima kasih dan menyapa para pengunjung yang lewat di sekitar stand-mu sehingga akan meningkatkan visibilitas stand milikmu.

Nah, itulah beberapa strategi yang perlu diketahui dipersiapkan sebelum memulai dan gabung tenant di bazar. Mulai menjalankan bisnis tidak harus diawali dengan berbagai langkah besar. Bila kamu ingin mulai menjalankan bisnis makanan dan minuman, kamu bisa memulainya dengan langkah kecil, seperti dengan menjual makanan dan minuman di bazar makanan. Di bawah ini terdapat rekomendasi makanan dan minuman favorit pengunjung bazar, antara lain:

  1. Es buah dan es teh

Aneka buah segar diblender dengan es batu bisa menjadi obat dahaga pengunjung bazar. Es teh menjadi minuman favorit masyarakat indonesia, selain harganya murah juga jadi obat dahaga, keberadaan stand jus buah dan es teh bisa jadi penyelamat bagi pengunjung bazar yang memilih untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

  1. Boba

Boba merupakan minuman viral yang digemari anak milenial, boba berbentuk bola  yang terbuat dari tapioka yang sering menjadi isian dari minuman bubble tea. Karena memiliki bahan dasar tepung tapioka dan memiliki rasa manis alami yang berasal dari gula aren.

  1. Sosis Telur Gulung

Hidangan sosis goreng yang ditusuk dan dibalut dengan telur dadar menjadi salah satu makanan yang paling terkenal dan banyak penggemarnya di bazar makanan. Makanan ini bisa kamu sajikan dengan berbagai varian topping, misalnya saus pedas atau manis, keju, dan juga mayones

  1. Kimbap dan Tteokbokki

Makanan khas korea yang gemari anak muda karena rasa penasaran mengenai rasa makanan favorit kpop, kimbap terbuat dari nasi yang di baluti dengan nori atau rumput laut kemudian di isi dengan berbagai macam lauk dan sayur.   Tteokbokki terbuat dari adonan tepung beras berbentuk silinder dengan bumbu gochujang yang pedas manis ini sedang menjadi kesukaan masyarakat Indonesia. Jajanan khas Korea ini sedang digandrungi, terlebih lagi bila kamu pergi ke bazar makanan bertemakan Korea, tentu jajanan yang satu ini pasti wajib ada.

Itulah strategi raup keuntungan saat mengikuti bazar. Dalam berusaha pasti ada saja rintangan dan jatuh bangun, apabila saat mengikuti bazar tidak sesuai target dan balik model, jangan langsung putus asa, ya! Anggap saja event tersebut sebagai salah satu ajang penjajakan calon customer dan perkenalan produk dari usaha milikmu. Pelajarilah setiap kegagalan yang terjadi untuk bisa lebih baik di acara bazar atau pameran selanjutnya.

Ada kabar baik nih dari Jepara Ourland Park, akan mengadakan pesta ramadhan yang pertama dan terbesar di Jepara! JOP RAMADHAN FESTIVAL Bazar Ramadhan spektakuler dengan beragam tenant, dari  makanan lezat, fashion, ATV, berkuda, dan hiburan seru di tepi pantai!!  Tidak ada yang lebih seru daripada Ngabuburit sambil menikmati sunset, bukan?   Tunggu kehadiran kami di bulan Ramadhan!! 

Jadi bagi kalian yang mempunyai usaha ayo bergabung bersama kami dalam ikut serta acara JOP Ramadhan Festival #1 dengan membuka stand di acara ini yang akan diselenggarakan selama 22 hari dari tanggal 15 Maret sampai 5 April 2024, pukul jam 15.00 – 21.00 WIB berlokasi di pantai Mororejo. Untuk 20 pendaftar pertama, dapatkan diskon 25% dan pilih lokasi yang diinginkan.  Jadi jangan lewatkan kesempatan ini untuk mempromosikan usaha kalian. 

☎ Informasi lebih lanjut: 0812 2556 6655 (JOP)

Editor : SF

Leave a Reply