Sobat JOPers apakah kalian sudah pernah bertemu jenis kura kura unik satu ini? yaps salah satu kura kura unik ini adalah kura kura sulcata yang dijuluki African Spurred Tortoise, karena mereka berasal dari gurun di Afrika Utara.

Sulcata berasal dari kata latin ‘Sulcus’ yang berarti alur, atau garis yang dalam pada cangkang mereka. Kura-kura ini juga dijuluki ‘spur tortoise’ atau ‘African Spur Thigh tortoise”, karena memiliki taji berbentuk kerucut di paha belakangnya. Ciri khas tubuh kura-kura sulcata ini perpaduan warna kuning dan coklat yang mencolok di cangkang  tubuhnya, kura-kura sulcata sangat menyukai suhu yang hangat dan kering oleh karena itu kura-kura sulcata sangat gemar mengubur dirinya di pasir karena habitat mereka berasal dari gurun.

 Kura-kura Sulcata memiliki ukuran tubuh yang sangat besar hingga menempati posisi sebagai spesies kura-kura ketiga di dunia. Kura-kura sulcata dapat mencapai bobot 105 kilogram loh, kura-kura Sulcata betina bisa bertumbuh hingga 50 sentimeter panjangnya dengan berat 60 kilogram. Sedangkan sulcata jantan bisa bertumbuh hingga 80 sentimeter panjangnya dan beratnya mencapai 100 kilogram! Besar sekali bukan? Dua spesies kura-kura lainnya yang lebih besar dari Sulcata adalah kura-kura Raksasa Aldabra (Geochelone gigantea) yang tinggal di pulau-pulau Atol Aldabra di Seychelles dan kura-kura Galapagos (Geochelone nigra) yang ditemukan di Kepulauan Galapagos dekat Ekuador.

Kura-kura Sulcata adalah hewan herbivora atau pemakan rumput dan tumbuh-tumbuhan. Makanannya didasarkan pada tanaman sukulen dan berbagai jenis rumput. Kura-kura ini sangat bergantung pada air sehingga makanan yang diberikan merupakan jenis makanan mengandung air seperti sayuran hijau, selada, kangkung, bayam, dan kale dan buah-buahan, seperti pisang, mangga, dan stroberi adalah makanan yang baik untuk kura-kura sulcata.  Kura-kura Sulcata membutuhkan suhu yang panas karena habitat asli mereka di gurun, oleh karena itu kura-kura sulcata membutuhkan suhu panas agar tetap sehat dan aktif. 

Nah itulah sedikit informasi mengenai kura kura yang lucu dan unik ini, sobat JOPers bisa bertemu dengan kura kura sulcata ini di zona satwa, tak hanya itu sobat jopers bisa berinteraksi langsung sekaligus memberikan kura kura sulcata, seru banget yaa kan. tunggu apalagi segera agendakan berlibur di Jepara Ourland Park.

Editor : SF

Leave a Reply