Wanita yang sedang haid tidak bisa melakukan berbagai ibadah wajib seperti puasa dan sholat. Meski sedang haid dan tidak bisa berpuasa, muslimah dapat mengerjakan beberapa amalan dan ibadah lainnya.  Tentu ada amalan baik yang tetap dapat dilakukan oleh wanita yang sedang haid/nifas selama Ramadan.  ada sejumlah amalan di bulan Ramadhan yang bagi wanita haid agar tetap mendapatkan keberkahan di bulan suci ini.Meskipun tidak bisa menjalankan ibadah puasa, wanita haid tetap bisa melakukan berbagai amalan lain. Berikut amalan yang dapat dikerjakan oleh wanita haid saat bulan Ramadhan :

  • Memperbanyak Dzikir dan Berdoa untuk Memohon Ampunan Allah SWT

Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan siapapun dan kapan pun. Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, wanita yang sedang haid bisa mengucapkan berbagai kalimat thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Selama dalam keadaan haid, wanita diperbolehkan berdzikir dan tetap menyebut Asma Allah SWT.  Seorang muslimah tidak harus dalam keadaan suci untuk bisa berdzikir. Oleh karena itu, salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk wanita yang sedang haid adalah memperbanyak dzikir.  Berdoa adalah bentuk ikhtiar dan cara manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Wanita yang sedang dalam keadaan haid tetap bisa memohon, meminta, dan mendekatkan diri kepada Allah. Berzikir dan Berdoa untuk Memohon Ampunan Allah SWT Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak istighfar, berzikir dan berdoa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT. 

  • Memperbanyak Sholawat

Bersholawat adalah bukti cinta manusia kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Shalawat adalah sebab turunnya rahmat, pengampunan dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Shalawat tidak dilarang saat haid dan bisa dilakukan kapanpun. Oleh karena itu amalan lain yang bisa dilakukan wanita haid saat Ramadhan adalah memperbanyak sholawat. 

  • Memperbanyak Sedekah

Bersedekah merupakan amalan yang mudah namun pahalanya cukup besar, seperti memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan. 

  • Memberikan Makanan kepada Orang yang Berbuka Puasa dan Meringankan Pekerjaan Orang yang Berpuasa

Amalan yang bisa dilakukan oleh wanita haid di bulan Ramadhan adalah meringankan pekerjaan orang yang berpuasa. Pasalnya, membantu meringankan pekerjaan orang yang berpuasa akan membuat orang tersebut senang dan Memberi makan orang yang berpuasa di sini artinya menjamu ketika berbuka. Meski sedang haid, seorang muslimah dapat mendapatkan balasan sebagaimana yang didapatkan oleh orang yang berpuasa dengan menjamu buka puasanya. Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah menyiapkan menu sahur dan berbuka untuk orang yang sedang berpuasa. Menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang berpuasa menjadi salah satu amalan penuh pahala bagi wanita haid di bulan Ramadhan. Nilainya bahkan setara dengan orang berpuasa.

  • Beramar Ma’ruf Nahi Munkar

Amalan yang selanjutnya adalah, para wanita haid dapat mendorong orang lain melakukan kebaikan atau amal shalih akan membuat seorang muslimah memperoleh pahala sebagaimana orang yang beramal shalih tersebut. Contohnya seperti mendorong sesama untuk sholat, tilawah Al-Quran, dan membangunkan untuk sahur. Oleh karena itu, apabila wanita yang sedang haid membangunkan orang lain untuk sahur dan berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang sahur dan berpuasa.

  • Bersilaturahmi

 Bersilaturahmi Merupakan amalan mudah yang bisa dilakukan wanita ketika dalam keadaan haid. Bersilaturahmi dengan saudara, teman, dan kerabat bisa menambah pahala dan membuka pintu rezeki sesama umat. Bersilaturahmi bisa dilakukan dengan mengunjungi kerabat, bertemu teman, atau melakukan kegiatan sosial.

  • Mencari Ilmu

Mencari ilmu termasuk amalan lain yang bisa dilakukan oleh wanita haid di bulan Ramadhan. termasuk ilmu yang bermanfaat, selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara mendatangi majelis ilmu maupun mempelajari isi dalam buku.

Nah, itulah beberapa amalan yang dapat dijalankan wanita yang sedang haid saat bulan ramadhan, semoga bermanfaat!

Editor : SF

Leave a Reply