Libur lebaran menjadi salah satu  momen yang berkesan dan ditunggu tunggu untuk bisa kembali ke kampung halaman untuk melepas kerinduan serta  menghabiskan waktu dan menikmati waktu lebaran  dengan quality time bersama keluarga, kerabat dan orang tersayang. Namun, kenyataannya di perantauan tak banyak orang yang bisa mendapat kesempatan untuk melakukan mudik lebaran. Ada juga beberapa orang yang tidak melakukan mudik. Orang tidak mudik kadang jadi merasa sedih karena tidak menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga, kerabat dan orang tersayang di kampung halaman. Oleh karena itu, tak perlu bingung dan berkecil hati sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang dan menikmati libur lebaran meskipun tidak mudik. Berikut beberapa ide kegiatan asyik saat tidak mudik  yang bisa dilakukan :

  •  Bersilaturahmi dengan Keluarga Melalui Video Call

Saat hari raya tiba dan kamu ternyata tidak mudik, salah satu cara agar tetap bisa merayakan Idul Fitri adalah dengan cara melakukan video call dengan keluarga. Manfaatkan teknologi internet dan video call untuk bersilaturahmi dengan keluarga, saudara dan sahabat saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Kehadiran teknologi saat ini memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan keluarga atau teman yang berada jauh dari kita. Merayakan lebaran tanpa berkumpul dengan keluarga besar karena terpisah oleh jarak, bukan berarti kita tidak bisa silaturahmi sama sekali. Kehadiran teknologi saat ini memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan keluarga atau teman yang berada jauh dari kita. Memang akan ada perbedaan. Namun, cara ini mampu mengobati rasa rindu akan kampung halaman, sementara kamu masih berada di tanah perantauan

  • Open House dan Bersilaturahmi dengan Tetangga Maupun Rekan Seperantauan

Membuka pintu silaturahmi bersama teman di perantauan, dan tetangga sekitar dapat rasa persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi sesama teman seperantauan. Coba mengundang rekan kerja atau teman untuk berkumpul dan makan bersama di rumah, menghabiskan momen lebaran bersama kerabat seperantauan, menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan saat lebaran di perantauan sekaligus mengobati rasa sedih karena merasa tidak bisa berkumpul dan menikmati  mudik ke kampung halaman. 

  • Melakukan hobi

Saat tidak mudik lebaran menjadi kesempatan menyenangkan  untuk melakukan kegiatan yang tak sempat dilakukan di hari biasa, dengan menghabiskan waktu libur yang cukup panjang  untuk melakukan beragam hobi. Tak cuma hobi lama, ini juga bisa menjadi kesempatan untuk bisa mencoba hobi baru lho, seperti olahraga, memasak, berkuda, membaca buku, melukis dll.

  • Melakukan Quality Time

Walaupun tidak bisa berkumpul dengan keluarga, menikmati waktu sendiri juga dapat berkesan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menikmati quality time sendirian. Seperti menikmati sepinya jalanan kota, moment libur lebaran menjadi salah satu momen yang paling tepat untuk menikmati suasana lengang jalanan karena jumlah kendaraan berkurang, berlaku jika tinggal berada di kota-kota besar, yang pastinya sudah sangat kenyang dengan kemacetan. Oleh karena itu tidak ada salahnya menikmati suasana baru dan berbeda, sepinya jalanan kota dengan berjalan-jalan keliling kota dengan kendaraan pribadi. Kamu bisa juga bepergian dan menghabiskan waktu bersama teman yang merasakan hal serupa. Lakukan hal-hal menyenangkan agar perasaan tetap senang walau tidak bisa melakukan mudik.

  • Mencari Pengalaman dan Belajar Skill Baru 

Daripada berdiam diri, lebih baik isi waktu luang tersebut untuk mempelajari skill baru sambil mencari pengalaman yang kelak akan berguna untuk diri sendiri. Belajar skill baru seperti desain grafis, editing, fotografi, menulis dll. Dengan memiliki skill baru, maka peluang mendapatkan pekerjaan atau membuat pekerjaan baru dapat semakin besar.

Nah, itulah 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk menikmati libur panjang lebaran meskipun tidak mudik. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk semangat dan produktif!

Editor : SF

 

Leave a Reply