Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Pada bulan penuh berkah ini juga mengajarkan umat Muslim untuk melatih kesabaran dan menahan diri dari nafsu dan godaan. Oleh karena itu tak heran, jika banyak orang yang mempersiapkan banyak hal untuk menyambut bulan Ramadhan. 

Mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan adalah hal yang dianjurkan bagi seluruh umat muslim di dunia. Allah SWT pun telah mengkhususkan bulan Ramadhan sebagai bulan dengan keutamaan yang istimewa sehingga menjadi salah satu sarana untuk mencapai tingkat kesempurnaan di hadapan Allah SWT. Sebelum memasuki bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar kegiatan ibadah dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Berikut ini beberapa persiapan menyambut bulan suci Ramadhan :

  • Meningkatkan dan memperkuat Iman

Mempersiapkan ramadhan yang paling mendasar bagi umat muslim adalah mempersiapkan iman dan memperkuat iman dengan mulai melatih pengendalian diri sendiri untuk bisa menghindar  dari kebiasaan-kebiasaan buruk maupun larangan oleh Allah. Salah satu cara untuk meningkatkan iman dan taqwa yakni memperbaiki sholat. Ketika sholat membutuhkan sholat yang khusuk. Dengan sholat yang khusyuk dapat mencerminkan keimanan dan ketaqwaan. dan pada bulan Ramadhan ini tentunya kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Alquran dengan membaca Alquran kita dapat belajar makna-makna yang terkandung di dalamnya. Serta memperbanyak dzikir dan bersyukur dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita.

  • Mempersiapkan kesehatan baik fisik maupun jasmani

Mempersiapkan diri menyambut bulan puasa dengan memperhatikan kesehatan fisik baik jasmani maupun rohani sangat penting karena selama 1 bulan penuh kita akan berpuasa  dan meningkatkan ibadah dengan mengumpulkan pahala dan berbuat kebaikan. Oleh karena itu memerlukan kondisi fisik dan jasmani yang prima agar tidak gampang jatuh sakit, tentu akan berdampak ibadah tidak bisa jadi maksimal. Berikut adalah Tips menjaga kesehatan sebelum bulan Ramadhan :

– Pola makan

Pola makan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan, karena sebagian besar penyakit dimulai dari makanan yang kita makan, jadi salah satu bentuk untuk menjaga kesehatan dalam menyambut bulan ramadhan sebaiknya kita mengatur pola makan terlebih dahulu.

-Berolahraga

 Dengan kita berolahraga maka akan membuat peredaran darah, pernafasan dan jantung menjadi lebih stabil dan membuat kita tidak lebih cepat merasa lelah.

-Biasakan tidur cukup

Tidur yang cukup banyak sekali manfaatnya yaitu salah satunya mempengaruhi kualitas hidup, mendorong kreativitas, terhindar dari stress dan membuat tubuh menjadi lebih bugar, jika kita kekurangan tidur dampak buruknya yaitu akan merusak tubuh kita selain itu kesehatan mental pun akan terganggu.

-Hindari stress

Stress merupakan salah satu hal yang sulit untuk kita hindari namun banyak cara supaya kita bisa menghilangkan stress yaitu dengan mendengarkan musik, berolahraga dan melakukan gerakan fisik dan masih banyak lagi.

-Mengurangi kebiasan merokok

Dalam menyambut bulan suci ramadhan sebaiknya kita mulai mengurangi merokok karena nanti ketika bulan ramadhan tiba tentunya kita akan berhenti merokok.

-Menjaga kebersihan tubuh

Kebersihan merupakan salah satu hal penting yang harus kita jaga karena dengan kebersihan maka bakteri dan kuman tidak akan mudah menempel pada tubuh kita.

Sebelum menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, ada baiknya persiapkan tubuh agar tidak kaget dengan perubahan yang terjadi saat berpuasa. Persiapan sebelum puasa juga penting untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat puasa. Dengan mulai membuat perubahan pada kebiasaan makan dan tidur kamu dari sekarang, tubuh akan lebih mudah untuk beradaptasi saat puasa nanti.

  • Memperdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama

Persiapan Bulan Ramadhan selanjutnya adalah memperdalam ilmu dan pengetahuan mengenai agama dengan memperbanyak bacaan-bacaan mengenai agama dan lebih sering mengikuti forum-forum majelis-majelis taklim, forum musyawarah agama atau seminar dan pengajian untuk memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan agar bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadhan dengan lebih afdal. terutama yang berkaitan dengan puasa Ramadhan. Bisa dimulai dengan mempelajari apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selama puasa Ramadhan. Hal-hal apa saja yang membatalkan puasa, kesunahan-kesunahan selama puasa Ramadhan sehingga bulan Ramadhan benar-benar menjadi berkah. Persiapan yang utama yang mesti ada adalah persiapan ilmu. Karena orang yang beribadah pada Allah tanpa didasari ilmu, maka tentu ibadahnya bisa jadi sia-sia.

  • Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Segera melunasi hutang puasa yang pernah ditinggalkan karena udzur. Jangan sampai ketika memasuki bulan Ramadhan, kita masih memiliki hutang dengan Ramadhan tahun lalu. Membayar hutang puasa tahun lalu adalah persiapan menyambut Ramadhan bagi muslimah, karena wanita diberi keringanan untuk tidak berpuasa dulu ketika masa haidnya tiba. Pasalnya, salah satu syarat puasa Ramadhan adalah suci dari haid ataupun masa nifas. Puasa yang ditinggalkan sebelumnya dapat dibayar dengan melakukan qadha puasa.

  • Mempersiapkan Persiapan Jiwa dan Mental

Sambutlah bulan Ramadhan dengan jiwa yang bersih dan rasa ketulusan hati. Alangkah lebih baik jika kamu bertaubat dengan semua kesalahan yang pernah kamu lakukan agar semua ibadah puasa lebih khusyuk dan fokus. Selain itu mental kamu juga harus dipersiapkan karena pada bulan ini kita akan beribadah puasa dan lainnya dengan optimal selama sebulan penuh.  Jiwa dan mental kita harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan ketulusan hati atau ikhlas dalam beribadah. Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

  • Siapkan Perlengkapan Ibadah

Hal yang sangat penting untuk mendukung dalam mempertebal iman di bulan Ramadhan adalah dengan adanya perlengkapan ibadah yang terpenuhi. Siapkan sajadah, sarung, peci hingga mukena agar aktivitas beribadah bisa dilakukan secara maksimal.

  • Mempersiapkan Kebutuhan Ramadhan Sehari-hari

Persiapan menyambut bulan Ramadhan yang terakhir adalah mempersiapkan ketersediaan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur.Mulai dari sembako dan bumbu masak yang memadai. Agar menjalankan ibadah bisa maksimal dengan santapan sahur dan buka puasa bergizi.

Itulah beberapa persiapan menyambut bulan suci Ramadhan yang bisa dijalankan kita selaku muslim atau muslimah. Semoga kita yang menjalankan puasa di bulan ini meraih banyak berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT.

Editor : SF

Leave a Reply