Halo sobat JOP’ers, Berenang merupakan hal yang yang menyenangkan untuk melepaskan kepenatan serta menyegarkan pikiran. Berenang juga merupakan olahraga yang memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah, kalian kalau berlibur di Jepara ourland Park suka langsung berenang atau cobain wahana non air terlebih dahulu atau tim mencoba semua permainan nih? Nah, buat sobat JOP’ers yang suka berenang harus tau nih cara merawat kulit agar tidak berdampak kurang baik untuk kulit, karena terpapar sinar matahari dan air dalam kolam renang. Oleh karena itu pentingnya sobat JOP’ers untuk memakai sunblock dan suncreen sebelum dan sesudah berenang, meskipun air dalam kolam Jepara ourland Park sudah aman, namun banyak orang yang mengabaikan dengan tidak memakai suncreen dan sunblock karena berfikir bahwa sinar matahari tidak akan menembus air kolam, padahal pemikiran tersebut jelas salah yaa sobat JOP’ers.

Ketika kita beraktivitas diluar rumah apalagi saat berlibur di area outdoor seperti waterboom otomatis diluar ruangan kulit kita akan terpapar sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mana dapat membuat kulit kita seperti terbakar dan belang, oleh karena itu pentingnya sobat JOP’ers untuk memakai sunblock dan suncreen sebelum dan sesudah berenang maupun saat beraktivitas di luar ruangan. Untuk merawat kulit saat berenang sobat JOP’ers bisa menggunakan menggunakan sunblock atau suncreen minimal ber-SPF 30 dengan mengoleskannya keseluruh tubuh minimal 30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari.

Jenis sunblock atau sunscreen dapat berbentuk lotion, cream, maupun spray. Gunakan produk sunblock khusus berenang yang memiliki klaim ketahanan terhadap air. Sunblock tahan air ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari yang menembus ke dalam air. Jadi sobat JOP’ers jangan sembarangan dalam memilih sunblock maupun suncreen. Dan setelah berenang perlu reapply sunblock maupun sunscreen, tidak hanya sunblock dan suncreen sobat JOP’ers juga penting untuk minum air putih yang cukup untuk hidrasi tubuh yang cukup agar kulit tidak menjadi kering setelah berenang dan memakai pelembab. Untuk melindungi area wajah pakailah topi, serta gunakan sunglasses atau kacamata hitam untuk melindungi silaunya matahari. Dan untuk merawat kulit wajah dapat menggunakan sunblock maupun sunscreen.

Sunscreen dan sunblock sama sama aman untuk digunakan dan sama sama dapat melindungi kulit dari sinar matahari, akan tetapi jika digunakan sesuai jenis kulit. Banyak orang yang menganggap suncreen dan sunblock adalah produk yang sama. Padahal jelas berbeda yaa sobat jopers. Simak penjelasan yaa!
Sunblock atau physical suncreen mengandung bahan bahan mineral seperti titanium oxide dan zinc oxide yang berguna untuk menangkal sinar matahari atau berkerja dengan memblok atau memantulkan sinar UV. Sedangkan sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit, agar efek negative dari sinar UV tidak sampai ke kulit.

Inilah mengapa penggunaan sunscreen dan sunblock saat berenang di dalam kolam renang sangat penting. Sinar UV yang berasal dari matahari terdiri dari sinar UVA dan UVB. Kedua jenis sinar ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit manusia. paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, penuaan dini, dan masalah kulit lainnya seperti bintik bintik hitam dan kerutan. Di dalam kolam paparan sinar UV meningkat karena air dapat memantulkan sinar matahari, meningkatkan paparan sinar UV pada kulit kita, oleh karena itu penggunaan suncreen dan sunblock yang tepat menjadi hal penting untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV dan UVB.

Editor : SF